Beberapa Peluang Usaha Modal Kecil

Peluang usaha modal kecil banyak dicari oleh para calon pengusaha. Mereka memilih usaha yang tidak membutuhkan banyak modal finansial, karena adanya keterbatasan jumlah dana yang tersedia. Selain itu, dengan modal yang kecil, maka akan menghindari kerugian dalam jumlah yang besar.

Namun bukan berarti peluang usaha modal kecil ini tidak memerlukan penanganan yang serius. Sebab, setiap jenis usaha apabila dilakukan dengan ketekunan dan keseriusan akan menciptakan hasil yang optimal dan bisa berkembang.

Sebagaimana contoh yang pernah dilakukan Bob Sadino, seorang konglomerat di Indonesia. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa kerajaan bisnis Bob Sadino hanya berawal dari menjual telur ayam kampung kelilingan. Dan jumlah ayam yang dimilikinya pun tidak banyak, hanya lima ekor saja. Namun, dengan ketekunannya, Bob Sadino mampu memanfaatkan peluang usaha modal kecil tersebut hingga memiliki kerajaan bisnis yang sudah diakui dunia bisnis Indonesia.

Di Indonesia sendiri, peluang usaha modal kecil ini banyak ragamnya. Bahkan ketika krisis ekonomi melanda Indonesia, kelompok usaha kecil seperti inilah yang justru mampu bertahan dari badai krisis. Tak jarang justru mereka mendapatkan keuntungan yang berlipat. Salah satunya karena modal kecil yang dibutuhkan, menyebabkan para pengusaha tersebut tidak perlu berhubungan dengan lembaga perbankan untuk dukungan modal.


Beberapa Peluang Usaha Modal Kecil

Peluang usaha modal kecil juga dilakukan oleh mereka yang ingin menjadikan bisnis sebagai kegiatan sampingan. Seperti para mahasiswa yang mencoba memanfaatkan waktu luang mereka untuk berwirausaha. Dan tren ini sudah banyak muncul, yang ditandai makin banyaknya pengusaha muda di Indnesia.

Hal ini tentu menggembirakan mengingat para mahasiswa ini memang seharusnya berpikir untuk menciptakan lapangan kerja dengan ilmu yang dimiliki. Bukan sebaliknya, menjadi seorang pencari kerja yang hanya akan meningkatkan angka pengangguran di tanah air yang makin terbatas lapangan pekerjaan.

Beberapa peluang usaha modal kecil yang bisa dijalani di antaranya adalah :

  1. Bisnis pulsa. Hal ini sangat prospektif, mengingat kebutuhan pulsa telepon sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia di era modern ini.

  2. Bisnis pembibitan ikan. Untuk bisnis ini, modal yang dibutuhkan hanya berkisar angka jutaan rupiah, namun perputaran uang yang sangat cepat akan berdampak pada makin cepatnya waktu balik modal. Karena hanya dalam waktu dua minggu seorang pengusaha pembenihan ikan sudah bisa menjual benih ikan.

  3. Bisnis penjualan franchise. Bisnis ini adalah sebuah bisnis yang menjembatani antara pemilik modal dengan mereka yang sudah memiliki sebuah usaha.

  4. Bisnis kuliner. Bisnis ini tidak membutuhkan modal dalam jumlah banyak. Apalagi jika seluruh proses produksi ditangani sendiri dan tidak menggunakan tenaga kerja tambahan akan sangat signifikan dalam menghemat kebutuhan modal.


View the original article here



Peliculas Online

Subscribe to receive free email updates: