Bisnis Jual Beli Mobil Menurut Kebutuhan

Tidak bisa dipungkiri, kebutuhan alat transportasi semakin meningkat tiap tahunnya. Pada awal 90an, marak penggunaan alat transportasi roda dua semacam sepeda motor. Pada akhir dekade 2000, makin marak kebutuhan kendaraan roda empat (mobil). Hal ini turut menggairahkan industri permobilan di Indonesia yang diikuti maraknya bisnis jual beli mobil di antara pengusaha dealer dan pengguna industri transportasi lainnya.

Setiap pengendara mobil memburu kenyamanan di dalamnya karena mobil berbeda dengan sepeda motor yang tidak ramah cuaca. Hujan atau panas tidak berpengaruh bagi pengendara mobil. Hal ini ditunjang pula dengan fasilitas transportasi umum yang kurang mendukung sehingga orang cenderung beralih pada kendaraan pribadi. Namun, tidak semua orang dapat membeli kendaraan tersebut karena keterbatasan dana.

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil

1. Tentukan Jenis Mobil yang Akan Dibeli

Jika Anda ingin membeli mobil, sesuaikan dengan fungsi utama pembelian itu. Anda tentu sudah memiliki mobil incaran yang sudah dipikirkan tingkat kualitas dan kebutuhannya. Jangan sampai terpengaruh bujukan para penjual yang sangat pintar menawarkan barang. Tadinya, Anda mau membeli mobil A. Karena tawaran sales yang lebih menggiurkan, Anda pun beralih ke mobil lain.

2. Tentukan Tujuan Pembelian

Sejak awal, pembeli harus menetapkan tujuan pembelian mobil tersebut. Jangan sampai terbawa arus salesman yang lihai menggiring Anda untuk membeli mobil lain. Biasanya, orang membeli mobil dengan tujuan berbeda. Jika diklasifikasikan, ada 3 tujuan orang membeli kendaraan roda empat ini.

  • Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, yakni sebagi alat transportasi. Misalnya, untuk pergi ke kantor supaya lebih efisien dibanding memakai kendaraan umum.
  • Untuk pencitraan di lingkungan mereka, baik di lingkungan rumah maupun tempat kerja. Ini pun bisa menunjukkan status seseorang di dalam pergaulan sehari-hari.
  • Ingin menyalurkan hobi dan ingin mendapatkan kepuasan dengan membeli mobil merek tertentu. Mereka biasanya orang yang sudah sangat mapan. Singkatnya, mereka biasanya sudah punya mobil lain, baik untuk keseharian maupun untuk status mereka.

Memilih Mobil

Nah, ada beberapa pilihan untuk Anda yang membeli mobil untuk keperluan sehari-hari. Pilihlah mobil yang bersifat serba guna dan bisa dipakai ke mana-mana, baik ke kantor maupun untuk rekreasi bersama keluarga. Mobil-mobil, seperti Toyota Kijang, Mitsubishi Kuda, Isuzu Panther, Suzuki Carry, APV, Daihatsu Xenia, dan sejenisnya yang berukuran sedang bisa menjadi pilihan.

Jika Anda mengejar pencintraan, pikirkan kembali citra seperti apa yang ingin dimunculkan. Misalnya, jika Anda berstatus eksekutif muda yang sudah sukses, belilah mobil tipe BMW yang dikenal dekat dengan para eksekutif. Bisa juga mobil merek Mercedes Benz. Mobil ini juga biasa dipakai sebagai simbol status tapi akan kelihatan kurang greget karena belum terlalu familiar.

Jika Anda membeli untuk sekadar hobi, tidak usah banyak berpikir karena sudah tidak mementingkan apa-apa lagi selain hobi. Maka, pilihannya pun sangat luas dan leluasa. Alasannya karena yang dicari bukan hal lain selain kepuasan dan faktor hobi. Tipe mobil Eropa seperti Jaguar dan Ferari yang penjualannya hanya beberapa buah selalu menjadi buruan. Oang yang hobi offroad bisa membeli mobil jenis offroad semacam Land Rover.



View the original article here



Peliculas Online

Subscribe to receive free email updates: