Manajemen Bisnis Modern dan Islam

Manajemen bisnis merupakan sebuah dasar yang perlu diketahui dan dipahami serta dijalankan oleh setiap pihak yang hendak menjalankan kegiatan bisnis. Karena tanpa memahaminya, maka sebuah usaha yang dijalankan tidak akan berjalan sebagaimana mestinya, serta tidak mencapai hasil yang optimal.

Hal ini karena dalam sebuah bisnis, pemikiran yang perlu dikedepankan bukan sekadar tentang bagaimana menjual sebuah produk sebanyak mungkin. Dan juga tentang bagaimana bisa meraup keuntungan yang sebesar-besarnya. Dalam bahasan manajemen bisnis modern, ada pemikiran yang lebih luas daripada sekadar kedua komponen tersebut.

Dalam manajemen bisnis modern, kita harus mengenal tentang kebutuhan konsumen. Hal ini merupakan hal yang mutlak mengingat dari konsumenlah kita akan bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis yang dijalankan. Selain itu, konsumen merupakan komponen penting yang akan menentukan apakah sebuah bisnis bisa terus berjalan secara kontinyu atau hanya berumur sesaat saja.

Manajemen Bisnis Modern

Dalam pemahaman manajemen bisnis modern, ada enam hal pokok yang menjadi sorotan utama untuk dikaji. Kesemuanya memiliki keterkaitan yang saling berhubungan dan tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Dan apabila kita ingin meraih kesuksesan dari sebuah bisnis, kita harus memahami dan menjalankan keenam komponen tersebut.

Keenam komponen dalam manajemen bisnis modern tersebut diantaranya adalah :  

  • Kepuasan Pelanggan (customer satisfaction)

Pelanggan yang puas merupakan kunci penentu apakah sebuah bisnis bisa berhasil atau tidak. Jika konsumen bisa puas dengan bisnis yang kita tawarkan, mereka bukan hanya akan kembali kepada kita. Melainkan, mereka akan menjadi media promosi yang efektif dengan mengajak orang lain untuk menjadi konsumen kita juga.

  • Pelayanan Yang Unggul (service Excellent)

Sebuah bisnis mungkin bisa ditiru oleh pihak lain. Namun, dengan adanya pelayanan yang baik, akan bisa menjadi pembeda antara produk yang kita tawarkan dengan apa yang ditawarkan oleh pesaing.

  • Kemampuan

Komponen ini menyangkut tentang kapabilitas kita dalam melakukan bisnis. Dengan adanya kemampuan atas bisnis yang dijalankan, merupakan salah satu indikasi bahwa produk yang dihasilkan pun akan berkualitas.  

  • Efisiensi

Efisiensi menyangkut proses yang dijalankan dengan cermat dan meniadakan aktivitas yang dianggap kurang perlu dilakukan.

  • Transparansi/ kejujuran

Dengan adanya kejujuran, akan menimbulkan kepercayaan dari konsumen atas produk yang kita tawarkan. Hal ini merupakan cara untuk menjaga keberlangsungan kerjasama transaksi antara produsen dan konsumen.

  • Persaingan yang Sehat

Persaingan yang sehat akan menyebabkan keberhasilan bagi semua pihak serta menguntungkan konsumen. Jika persaingan dilakukan dengan tidak sehat, yang akan terjadi adalah sikap saling menjatuhkan dan berdampak pada kehancuran dari semua pihak yang bersaing tersebut.

 

Manajemen Islami

Sebagai salah satu agama besar di dunia, Islam sudah menunjukkan sistem bisnis yang menggunakan konsep manajemen bisnis modern. Hal ini sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad yang juga merupakan seorang pebisnis yang sukses.

Dari semua konsep manajemen bisnis modern yang saat ini dikembangkan, pada dasarnya merupakan aplikasi dari apa yang pernah dilakukan Nabi Muhammad pada saat melakukan kegiatan perdagangan. Kunci dari semua konsep tersebut adalah sikap jujur.

Dengan kejujurannya, Nabi Muhammad mampu merangkum semua konsep manajemen bisnis yang ada. Sebab, sikap jujur Nabi mampu membawa konsumen merasa puas, dan percaya dengan produk yang ditawarkan oleh Nabi Muhammad.

Salah satunya, Nabi Muhammad selalu menyampaikan kepada pelanggannya tentang apa saja kelemahan dan kekurangan dari produknya. Selain itu, Nabi Muhammad juga cukup jujur dalam memberikan harga jual atas barang dagangannya. Hal ini menjadikan barang yang dijualnya lebih murah daripada pedagang lain. Serta pelanggan bisa tahu tentang keuntungan serta kerugian jika membeli barang yang didagangkan oleh Nabi Muhammad tersebut.



Sumber artikel...

Subscribe to receive free email updates: