Peluang Bisnis Aksesoris Wanita

Aksesoris wanita dan pernak-pernik wanita lainnya adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan wanita. Banyak wanita yang bahkan rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk mendapatkan beragam aksesoris wanita yang harganya selangit. Hal tersebut adalah lahan empuk bagi kita yang ingin berbisnis dengan perputaran yang cepat. Bisnis aksesoris wanita.

Aksesoris Wanita - Menjadi Produsen atau Reseller?

Saat kita memutuskan untuk berbisnis aksesoris wanita, kita akan dihadapkan kepada dua pilihan, yaitu menjadi produsen atau reseller. Produsen berarti kita memproduksi aksesoris wanita itu sendiri dan juga memberi label sesuai dengan yang kita inginkan. Sedangkan menjadi reseller berarti kita menjual kembali barang yang sudah ada. Masing-masing pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan.
 

Produsen Aksesoris Wanita

Berikut ini kelebihan dan kekurangan jika kita memilih untuk menjadi produsen aksesoris wanita, yaitu:

Kelebihan Menjadi Produsen Aksesoris Wanita

  • Kita bisa memakai nama label aksesoris wanita yang sesuai dengan keinginan kita, sehingga ketika suatu saat nanti bisnis kita melaju pesat, merek yang sudah kita ciptakan akan terpatri dalam benak masyarakat. Kita pun memiliki harga jual aksesoris wanita yang tinggi, franchise misalnya.
  • Bila nomor satu terjadi, keuntungan yang akan kita dapatkan tentu akan jauh lebih besar daripada hanya sekadar menjadi reseller.
  • Kita bisa berkreasi beragam aksesoris wanita sesuka hati tanpa harus takut dengan pihak lain.

Kekurangan Menjadi Produsen Aksesoris Wanita

  • Apakah kita adalah orang yang kreatif atau berbakat di bidang ini. Bila hanya setengah-setengah, tentu akan menyulitkan karena kita memiliki banyak saingan. Konsumen aksesoris wanita memang berbanding lurus dengan pesaing. Inilah kenyataannya. Dan apakah kita cukup mampu untuk berkreasi?
  • Karena produk aksesoris wanita yang kita jual belum memiliki nama, tentu akan sangat dibutuhkan kerja keras. Kita harus mengenalkan kepada publik  tentang produk kita. Kita harus berani bersaing dengan produk aksesoris wanita lainnya yang sudah ada dan terkenal lebih dulu. Tak jarang, usaha kita tersebut mengalami beragam kegagalan. Atau bilapun berhasil, target kita meleset, dari yang awalnya menargetkan wanita kelas tertentu ternyata yang kita dapatkan adalah anak sekolah.
  • Kita harus memiliki semangat pantang menyerah untuk menjadi seorang produsen. Termasuk di dalamnya adalah mental tahan banting ketika produk kita tidak laku di pasaran atau kalah bersaing dengan yang lain.

 

Reseller Aksesoris Wanita

Adapun ketika kita memilih untuk menjadi reseller aksesoris wanita, kelebihan dan kekurangan yang akan kita dapatkan adalah sebagai berikut:

Kelebihan Menjadi Reseller Aksesoris Wanita

  • Kita tak perlu repot-repot memperkenalkan produk karena yang kita lakukan hanya menjual.
  • Kita bisa memilih produk aksesoris wanita yang sudah punya nama, sehingga untung yang akan kita dapatkan akan besar dan perputaran uang juga bisa cepat.
  • Kita tidak terbebani dengan nama merek atau hal-hal lain yang berkaitan.

Kekurangan Menjadi Reseller Aksesoris Wanita

  • Posisi kita adalah reseller, sehingga kita tidak berhak untuk menjual aksesoris wanita secara franchise. Untung yang kita dapatkan juga tidak terlalu besar bila dibandingkan dalam kasus tersebut.
  • Kita tidak memiliki hak untuk mengubah bentuk aksesoris wanita yang akan kita jual karena bila hal itu kita lakukan bisa saja pemilik aksesoris wanita tersebut menuntut kita.

 

Yang mana yang akan kita pilih? Semuanya tergantung pada kita. Bila kita termasuk orang yang ingin mendapatkan untung cepat di depan, mungkin pilihan menjadi reseller aksesoris wanita adalah hal yang baik. Namun, bila kita adalah tipe orang yang memikirkan jangka panjang, maka pilihan untuk menjadi produsen aksesoris wanitalah yang terbaik. Atau bisa juga kita menjalani dua-duanya, misalnya kita menjadi reseller aksesoris wanita dulu untuk mempelajari segala hal yang berhubungan dengan aksesoris wanita mulai dari bentuk hingga teknik pemasarannya. Dan setelah ilmu yang kita dapat cukup banyak, kita beralih profesi menjadi produsen aksesoris wanita.
 

Memaksimalkan Dunia Offline dan Online untuk Bisnis Aksesoris Wanita

Setelah kita memutuskan apakah akan menjadi reseller atau produsen aksesoris wanita, selanjutnya yang kita lakukan adalah memaksimalkan proses distribusi atau pemasaran aksesoris wanita. Ada dua jalur yang bisa kita lakukan untuk memasarkan aksesoris wanita, yaitu offline dan online. Masing-masing memiliki prioritas sendiri-sendiri

Offline. Pemasaran secara offline disebut juga pemasaran konvensional. Sebagian besar di antara kita sudah mengetahui pemasaran secara offline ini. Hal-hal yang biasanya kita lakukan pada pemasaran offline adalah:

  • Memasarkan produk pada komunitas yang kita ikutiUntuk itu kita harus mengikuti banyak komunitas, misalnya: ibu-ibu PKK, komunitas yang sesuai dengan hobi kita, dharma wanita, arisan, senam, dan yang sejenis.
  • Menitipkan produk aksesoris wanita kita di toko atau swalayan.
  • Menjualnya ke orang-orang terdekat dan lokasi yang terdekat dengan rumah kita.
  • Membuka toko khusus aksesoris wanita. Bila kita memiliki cukup modal, mengapa kita tak membuka toko aksesoris wanita saja. Meski hal ini sedikit susah untuk kita terapkan di saat kita baru mendirikan usaha apalagi bila lokasi yang kita pilih kurang strategis.
  • Rajin mengikuti event bazaar. Biasanya pada bazaar buku dijual juga aksesoris wanita. Coba kita mendaftar bazaar buku yang akan diadakan di kota tempat tinggal kita. Kita bisa mengikuti bazaar tersebut. Bila kita merasa belum memiliki cukup modal, maka kita bisa join dengan teman kita yang lain.

Online. Sedangkan pada pemasaran online, yang bisa kita lakukan adalah:

  • Memanfaatkan semua jejaring sosial seperti: Facebook, Google +, Twitter, Blog, dan Kaskus. Zaman sekarang hampir tak ada orang yang tidak mengenal situs jejaring sosial di atas. Bilapun orang tersebut kurang gaul, pastilah mengenal yang namanya Facebook. Jadi, memasarkan produk aksesoris wanita melalui situs pertemanan tersebut dinilai sangat efektif.
  • Membuat Fanpage. Awalnya hanya membuat akun. Namun ketika semangat teman-teman kita begitu membara terhadap produk yang kita jual, kita kemudian akan membuat Fanpage.
  • Selalu meng-update informasi tentang produk aksesoris wanita kita.
  • Mengikuti grup yang berhubungan dengan bisnis agar insting kita semakin terasah.

 

Bentuk-Bentuk Aksesoris Wanita

Aksesoris wanita memiliki beragam model dan bentuk. Kita bisa menjual semuanya atau khusus untuk golongan tertentu. Misalnya saja kita khusus menjual aksesoris wanita untuk wanita berjilbab, kantoran, ibu rumah tangga, atau kalangan sosialita. Namun bisa juga kita menjual semua aksesoris wanita untuk kalangan siapa saja. Ragam aksesoris wanita yang bisa kita pilih yaitu:

  • Bros
  • Cincin
  • Kalung
  • Gelang
  • Pin
  • Gantungan tas, dll

 

Aksesoris wanita adalah salah satu perhiasan yang banyak diminati oleh kaum hawa. Bila kita tertarik untuk berbisnis mengapa tak memilih bisnis tersebut yang pangsa pasarnya sudah jelas. Namun demikian ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, misalnya kita memilih reseller atau produsen aksesoris wanita. Lalu, produk aksesoris wanita yang seperti apakah yang akan kita jual, dan bagaimana cara menjualnya. Selamat mencoba!



View the original article here



Peliculas Online

Subscribe to receive free email updates: