Sukses Berbisnis Kuliner

Saat ini, menjadi pengusaha adalah hal yang diimpikan banyak orang. Salah satu usaha yang banyak dilirik adalah bisnis kuliner. Bisnis yang satu ini memang dianggap sebagai bisnis yang memiliki prospek cemerlang, salah satu alasannya adalah karena makanan pasti dibutuhkan oleh setiap orang.

Bisnis kuliner bisa bermacam-macam jenisnya, mulai dari warung kecil seperti warteg, rumah makan atau restaurant, bahkan bisa juga berupa bisnis menjual makanan kecil atau camilan. Apapun bisnis kuliner yang akan dijalankan, asalkan dilakukan dengan serius pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan.


Tips Berbisnis Kuliner

Apakah Anda tertarik untuk menjalankan bsinis kuliner? Coba Anda perhatikan dulu tips-tips berikut ini.

  • Sebelum menjalani bisnis kuliner, Anda harus memiliki gambaran terlebih dahulu seperti apa bisnis Anda nanti. Anda harus menentukan, jenis bisnis kuliner yang akan Anda geluti. Apakah usaha catering, warung makan, café, atau restaurant besar.
  • Bila sudah menentukan jenis bisnis kuliner yang akan dijalankan, maka Anda akan lebih mudah untuk mengira-ngira seberapa besar modal yang diperlukan. Bila modal Anda tidak cukup, Anda bisa meminjam pada teman atau meminjam ke suatu badan perkreditan.

    Jalan lain untuk mendapatkan modal yang cukup adalah dengan menarik investor. Anda tinggal membuat suatu proposal bisnis kuliner dan mengajukannya pada pihak yang Anda pilih untuk dijadikan sebagai investor.
  • Di Indonesia, sudah banyak sekali pengusaha yang menjalankan bisnis kuliner, jadi Anda tidak perlu kaget akan persaingan yang begitu ketat. Untuk bisa menembus persaingan, anda harus memikirkan produk makanan yang berbeda dan sekiranya menarik perhatian konsumen.

    Dalam hal ini, inovasi makanan adalah hal yang wajib. Inovasi tidak hanya sebatas makanan saja, tapi juga pelayanan, tempat makan yang lebih nyaman, atau harga yang lebih murah dibanding tempat lain.
  • Tentukan apakah Anda butuh karyawan atau tidak. Bila Anda menciptakan usaha kuliner yang cukup besar, Anda pasti membutuhkan karyawan. Pilihlah orang-orang yang berkompeten di bidangnya untuk dijadikan karyawan Anda.
  • Untuk promosi, Anda bisa menempuh berbagai cara. Misalnya mengadakan acara khusus untuk pembukaan rumah makan, memberi voucher makan bagi pelangga, membuat iklan di radio, membuat spanduk-spanduk atau brosur.
  • Lokasi bisnis adalah hal yang cukup penting dalam memulai usaha. Pusat keramaian adalah lokasi yang sangat strategis, karena setiap orang yang lalu lalang pasti akan dengan mudah melihat rumah makan Anda.

    Namun bila Anda bergerak dalam usaha catering, lokasi tidaklah terlalu masalah, asalkan brosur atau spanduk promosi bisa ditempatkan di tempat yang ramai dan mudah dilihat.
  • Berikan pelayanan yang maksimal dan selalu jagalah kualitas produk yang Anda berikan. Bila pelayanan Anda menurun, konsumen umumnya akan langsung memberi nilai minus pada Anda dan tidak akan tertarik lagi pada bisnis kuliner yang Anda jalankan.


View the original article here



Peliculas Online

Subscribe to receive free email updates: