Tips Membuka Butik di Tengah Persaingan

Ketika memutuskan untuk membuka butik, berarti Anda telah siap terjun dalam persaingan di dunia perdagangan. Dunia perdagangan memang terkesan sangat kejam dan tanpa ampun. Siapa yang tidak mampu berinovasi, dialah yang tersingkir. Akan tetapi, Anda harus tetap optimis menghadapi persaingan ini. Mengapa? Karena setiap bisnis pasti dilengkapi persaingan.

Persaingan, Risiko Dasar Dunia Bisnis

Persaingan merupakan risiko dasar dalam sebuah bisnis. Oleh sebab itu, Anda harus pandai menyikapi persaingan ini dengan kecerdasan serta kreativitas yang telah dianugerahkan Tuhan. Emosi serta jiwa yang meledak-ledak tidak akan menolong Anda untuk lepas dari ketatnya persaingan.

Satu hal yang perlu diingat adalah persaingan tersebut akan terus meningkat jika butik Anda menjual barang-barang yang mirip dengan rival, baik dari segi desain maupun harga. Akhirnya, Anda dan “tetangga” melakukan hal yang tidak patut. Mencuri pelanggan dengan cara saling fitnah, sabotase, dan banting harga hingga benar-benar dibanting.

Banting harga. Ya. Itulah situasi yang kadang memaksa Anda untuk turut bertarung demi merebut hati pelanggan. Padahal, banting harga sama artinya dengan balapan bunuh diri, tinggal menunggu siapa yang mati lebih dulu. Alhasil, konsumenlah yang akan diuntungkan. Dalam kondisi ini, prinsip dasar ekonomi Anda telah lenyap.

Strategi Menghadapi Persaingan Bisnis Butik

Agar terhindar dari cara-cara pintas yang merugikan itu, berikut strategi jitu yang dapat Anda terapkan untuk menghadapi persaingan bisnis butik.

  • Menjual barang-barang unik dan langka. Pastikan pula barang tersebut tidak ada kembarannya di butik lain. Semakin minim varian suatu barang, semakin besar kemungkinan memperoleh keuntungan.
  • Rajinlah mengecek barang-barang yang dijual di butik saingan Anda. Jika takut ketahuan, utuslah seorang mata-mata untuk mengecek stok barang pesaing berat.
  • Perkuat garis belakang dan garis depan butik Anda. Misalnya, merekrut karyawan yang memang memiliki kompetensi. Jangan lupa, berikan pelayanan yang ramah agar pembeli puas. Ingat, pembeli adalah media promosi paling ampuh. Jadi, buatlah mereka puas dengan pelayanan butik Anda.
  • Berikan servis lebih bagi pembeli. Misalnya, paket makan siang untuk pembelian tertentu atau hadiah-hadiah kecil lain. Intinya, buat mereka senang dan terkesan.
  • Jika kepepet, “korbankanlah” 1 atau 2 item barang dengan harga modal. Cara ini dilakukan untuk menggaet pembeli agar mau memasuki butik Anda. Namun, pastikan ada barang lain yang dinaikkan harganya untuk mengganti kerugian barang yang dijual murah tadi.
  • Lengkapi data base langganan butik Anda secara detail. Misalnya, ukuran dan warna-warna favorit yang sering diburu.
  • Sediakanlah pelayanan atau servis home delivery.
  • Berdoalah agar usaha Anda maju serta terhindar dari hal buruk. Anda pun harus senantiasa percaya bahwa rezeki telah ada yang mengatur. Bagaimanapun, doa selalu menjadi hal utama untuk menyertai setiap usaha.

Itulah beberapa tips dan strategi bisnis butik yang dapat Anda terapkan dalam menghadapi persaingan. Hal yang tidak kalah penting adalah memastikan produk yang Anda jual selalu sesuai dengan perkembangan tren fesyen, namun tetap beda. Ingat, tujuan utama seseorang belanja di butik adalah untuk mendapatkan barang unik.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!



View the original article here



Peliculas Online

Subscribe to receive free email updates: