Tips Memulai Usaha Bisnis

Usaha sendiri atau wiraswasta kini menjadi salah satu pilihan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan penghasilan. Banyak orang yang menggeluti bidang bisnis, baik sebagai usaha sampingan di luar pekerjaan utama mereka atau juga menjadikannya sebagai sumber penghasilan utama.

Alasannya adalah karena lapangan pekerjaan formal kini semakin sulit dicari seiring terjadinya krisis ekonomi dunia. Selain itu, banyaknya orang yang berhasil meraih kesuksesan melebihi mereka yang bekerja di sektor formal menjadi pemicu semangat bagi orang untuk melirik bidang usaha non formal.

Salah satu sektor industri yang banyak berkembang adalah usaha di bidang kuliner atau makanan. Sektor usaha ini banyak dilirik oleh para pengusaha muda karena beberapa pertimbangan. Salah satunya adalah adanya kondisi bahwa kebutuhan akan pangan merupakan kebutuhan pokok manusia. alasan kedua adalah bahwa margin keuntungan yang bisa diraup dari bisnis kuliner tidak memiliki batasan dan menjadi hak mutlak para pengusaha.

Sektor lain yang juga banyak dikembangkan pada saat ini adalah sektor wisata dan hiburan. Hal ini disebabkan perkembangan sektor transportasi yang kian memudahkan masyarakat untuk bepergian. Margin keuntungan yang didapatkan pun sama seperti sektor usaha kuliner, yaitu tidak ada batasan. Hanya saja biasanya sektor usaha wisata ini membutuhkan investasi yang tidak sedikit. Berbeda dengan usaha kuliner yang tidak terlalu banyak membutuhkan modal untuk memulai usaha.


Tips Memulai Usaha Bisnis

Meski pun sektor usaha memiliki prospek cerah dan harapan keuntungan yang besar, namun banyak orang yang masih merasa takut untuk terjun ke dalam dunia tersebut. Banyak alasan yang dikemukakan, salah satunya adalah kendala modal. Padahal, dengan mengetahui sistem bisnis yang baik seseorang bisa memulai bisnis dengan modal terbatas. Yang paling diperlukan dalam memulai usaha bisnis adalah keberanian.

Setelah keberanian untuk memulai usaha itu bisa dimunculkan, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah mulai memperhitungkan segala kemungkinan. Termasuk di antaranya adalah perhitungan akan resiko. Bagi sebagian orang, resiko termasuk hal yang menakutkan. Namun bagi sebagian orang lagi, resiko justru menjadi sebuah hal yang bisa menjadikan seseorang lebih waspada dalam melakukan bisnis mereka. Ini penting untuk menghindarkan diri dari kemungkinan yang sangat tidak diinginkan.

Selain itu ada beberapa tips yang bisa digunakan agar kita tidak salah langkah dalam menjalankan sebuah usaha bisnis. Di antaranya adalah :

  1. Jalankan usaha bisnis yang bisa kita jual. Bukan sekedar menjalankan bisnis yang bisa kita buat.

  2. Jalin kerjasama dengan pihak pemodal yang memiliki kelebihan dana dan yakinkan agar bersedia menanamkan investasi pada bisnis yang kita jalankan.

  3. Fokus. Jalankan bisnis dengan konsep fokus pada satu bidang. Dengan cara ini, kita akan bisa sepenuhnya menguasai bidang yang kita jalankan dan memiliki kompetensi di bidang tersebut.

  4. Berpikir selangkah di depan. Jangan memulai sebuah bisnis hanya karena melihat bisnis tersebut pada saat ini sedang ramai. Jalankan bisnis yang belum banyak orang memulainya, sehingga kita bisa memiliki kesempatan untuk meraih pelanggan sebelum banyak pesaing muncul.

  5. Kedepankan pelayanan. Banyak orang gagal dalam berbisnis karena tidak memperhatikan pelayanan. Meski produk yang kita jual banyak disukai, namun apabila kita tidak ramah dalam melayani pelanggan niscaya pelanggan akan meninggalkan kita.


Sumber artikel...

Subscribe to receive free email updates: