Tips Sukses Membuka Warnet

Warung internet atau lebih akrab disebut warnet kini semakin menjamur. Fenomena menjamurnya warnet hampir sama dengan wartel tempo dulu, sebelum alat komunikasi genggam menancapkan eksistensinya. Bisnis warnet terbilang sebagai peluang usaha menjanjikan karena arus media informasi yang semakin canggih.

Melihat peluang emas ini, banyak orang yang mulai melirik bisnis warnet. Hal ini tentu menciptakan persaingan yang cukup ketat. Jika Anda tidak memiliki teknik dan trik khusus serta pengalaman memadai, bersiaplah untuk “layu sebelum berkembang”. Ingat, pelanggan adalah ujung tombak kesuksesan bisnis. Jadi, pandai-pandailah menggaet hati pelanggan.

Hal yang patut diperhatikan saat menggaet pelanggan bukan semata-mata soal tarif per jam. Hal yang lebih penting adalah meningkatkan mutu pelayanan. Percuma memasang tarif murah jika koneksinya lambat. Bahkan, ada beberapa warnet yang memasang slogan “mahal + cepat = murah, murah + lambat = mahal”.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Warnet

Usaha warnet ini bisa menjadi pilihan yang pintar. Terlebih jika Anda membuka usaha warnet ini di daerah yang masih belum terlalu banyak pengusaha warnet. Selain berwirausaha, Anda juga membantu untuk memperkenalkan kemajuan teknologi pada masyarakat. Hal tersebut menjadi salah satu keuntungan yang didapat ketika Anda membuka bisnis warnet.

Keuntungan lain adalah Anda juga akan menjadi seorang pengusaha yang selalu up to date, tidak ketinggalan zaman terhadap berita yang terjadi. Sembari menjaga warnet, Anda juga bisa asyik browsing menjelajah internet.

Namun, di balik keuntungan-keuntungan tersebut, bisnis warnet juga memiliki kelemahan. Sama seperti bisnis-bisnis pada umumnya. Rugi adalah kelemahan dari semua bisnis, dan itupun bisa jadi Anda alami. Selain itu, penggunaan fasilitas internet untuk hal-hal yang tidak baik juga secara tidak langsung menjadi tanggung jawab Anda. Seperti membuka situs-situs porno dan lain sebagainya.

Kelemahan lain adalah semakin mudahnya pemasangan akses internet ke rumah-rumah. Kemudahan ini tentu saja menajdi hambatan pasti. Para pelanggan warnet yang mungkin sudah mulai memasang akses internet berimbas pada sepinya warnet.

Namun, Anda jangan khawatir. kelemahan-kelemahan tersebut pasti bisa diatasi, selama Anda menginginkannya dan tidak patah semangat. Berikut ini adalah beberapa tips membuka usaha warnet yang akan membantu Anda untuk mengatasi sedikit masalah.

Tips Membuka Usaha Warnet

Jika Anda tertarik untuk membuka bisnis warnet, cobalah perhatikan beberapa hal berikut! Hal-hal berikut ini mungkin akan terkesan biasa, tapi akan menjadi luar biasa jika Anda melewatkan salah satunya.

1. Tips Membuka Usaha Warnet - Lokasi

Sebelum membuka warnet, Anda harus memilih lokasi di lingkungan yang masyarakatnya sudah melek internet. Jangan sampai membuka warnet di lingkungan yang masyarakatnya sama sekali tidak tahu internet. Lokasi yang terbilang tepat untuk membuka bisnis warnet adalah sekitar kampus atau sekolah dan perumahan-perumahan kelas menengah.

Sekalipun di tempat tersebut sudah ada warnet, jangan pernah takut bersaing. Lakukanlah persaingan sehat dan sportif dengan mengoptimalkan mutu pelayanan. Melakukan pendekatan dengan pesaing lama merupakan salah satu cara untuk “mendeteksi” kesuksesan mereka. Jadikanlah sebagai sarana pembelajaran, bukan tolok ukur.

Memilih lokasi warnet di daerah juga menjanjikan. Mereka yang belum mengerti benar apa internet, akan sangat antusias dengan bisnis Anda. Dampaknya, usaha warnet Anda bisa ramai pengunjung. Jika sudah demikian, jangan pelit pengetahuan. Bagikan kepada mereka yang belum mengerti dan ingin belajar tentang internet. Berbisnis sambil berbagi ilmu tidak ada salahnya, bukan?

2. Tips Membuka Warnet - Koneksi

Aset yang paling berharga dalam bisnis warnet adalah koneksi dan bandwith. Aset tersebut merupakan salah satu pertimbangan konsumen saat memilih jasa warnet yang akan dipakainya. Memakai koneksi dengan bandwith tinggi tentu tidak murah. Namun, Anda bisa mengakalinya dengan cara melibatkan “pesaing” lain di lingkungan yang sama.

Bekerja sama merupakan salah satu cara untuk mendapatkan bandwith tinggi yang akan dibagikan ke beberapa warnet yang terlibat. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mendapat bandwith yang jauh lebih tinggi dengan harga murah. Bayangkan berapa besar ongkos yang harus Anda keluarkan jika berjalan sendiri.

Karena bandwith merupakan aset berharga dalam usaha warnet Anda, maka pengaturannya pun harus optimal. Buatlah sistem bandwith manajemen dan traffic shaping untuk membagi koneksi. Jika tidak ada pengatur bandwith, kenyamanan beberapa konsumen akan terganggu ketika ada yang mengunduh file besar dengan program pengunduh tertentu yang mampu menguras bandwith.

Kecepatan akses internet ini akan sangat membantu Anda dalam menggaet pelanggan lebih banyak. Bahkan mereka yang sudah memasang akses internet sendiri di rumah sekalipun. Karena merasa kekuatan akses di warnet Anda lebih cepat, maka bukan tidak mungkin, pelanggan tersebut akan tetap memilih warnet Anda sebagai sarana "mengais informasi".

3. Tips Membuka Usaha Warnet - Tempat dan Suasana

Salah satu cara untuk merebut hati pelanggan adalah menciptakan suasana nyaman. Misalnya, ruangan sejuk, tempat yang luas dan menjamin privasi, kursi serta meja yang nyaman. Selain itu, sediakan pula beberapa minuman dan makanan ringan agar konsumen tidak perlu keluar tempat ketika merasa haus dan lapar. Sediakan pula tempat khusus merokok jika diperlukan. Yang tidak kalah penting adalah menyediakan koneksi instan bagi konsumen yang membawa notebook.

Fasilitas-fasilitas tersebut memang membutuhkan biaya yang lebih besar, tapi pasti akan setimpal dengan hasil yang didapatkan. Jika Anda berniat membuka fasilitas game online, sebaiknya buat secara terpisah dengan warnet. Mengingat game online selalu penuh dengan anak-anak yang berteriak, maka akan lebih baik jika warnet dan game online berada dalam ruangan yang terpisah.

4. Tips Membuka Warnet - Komputer dan Aksesoris

Sediakanlah perangkat komputer yang cukup canggih. Misalnya, keyboard dan mouse yang nyaman. Jika memungkinkan, gunakan monitor LCD agar mata konsumen tidak cepat lelah sehingga betah berlama-lama di warnet Anda. Lengkapilah perangkat komputer Anda dengan headset, webcam, card reader, dan lain-lain.

Jika modal Anda besar, mengupgrade komputer ataupun sistem di dalamnya juga bisa Anda lakukan. Jangan biarkan warnet Anda ketinggalan zaman. Jika ada software yang belum Anda miliki, sebaiknya segera lengkapi. Agar pelanggan warnet juga merasa puas.

5. Tips Membuka Warnet - Layanan Tambahan

Agar lebih lengkap, sediakanlah layanan tambahan di warnet Anda. Misalnya, burning CD atau DVD, scan virus, printing, scanning, dan café. Layanan tambahan ini pasti akan membuat para pelanggan mengunjungi warnet Anda lebih sering. Jika dia tidak ingin menggunakan fasilitas warnet untuk browsing, ia mungkin akan menggunakan jasa warnet Anda untuk urusan lain, seperti scan.

6. Tips Membuka Warnet - Personel

Carilah operator yang mengerti internet serta supel. Sediakan pula jasa technical support yang memahami networking dan seluk-beluknya untuk mengantisipasi trouble di warnet Anda. Jangan lupakan keramahan pekerja Anda.

Penjaga warnet yang ramah, supel, rajin tersenyum, bisa dimintai pertolongan saat pelanggan merasa kesusahan pasti akan membuat warnet Anda dicintai. Berbeda dengan penjaga warnet yang pelit senyum, dan ogah-ogahan ketika dimintai tolong, pelanggan juga pasti akan malas berkunjung, dan ia akan memilih warnet lain.

7. Tips Membuka Warnet - Manajemen

Pantaulah perkembangan warnet Anda dengan menerapkan pola billing yang dilengkapi POS serta laporan yang komplit. Perhatikan pula peran karyawan dalam memajukan warnet Anda. Berikanlah upah setimpal serta waktu istirahat yang cukup. Tingkatkan dan lengkapilah pelayanan warnet Anda secara berkesinambungan.

Memelihara hubungan yang baik dengan pekerja juga menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan usaha warnet Anda. Perlakukan karyawan Anda dengan baik, diskusikan hal-hal yang kiranya perlu untuk didiskusikan. Secara langsung hal tersebut akan membuat kerja karyawan menjadi lebih baik.

8. Tips Membuka Warnet - Promosi

Lakukanlah promosi warnet Anda dengan cara yang efektif.  Misalnya, menggunakan sistem tarif bervariasi dan paket, voucher, dan member. Pandai-pandailah merangkul konsumen dengan mengadakan pelatihan gratis bagi member, doorprize, dan snack gratis. Perkuat jalinan dengan pelanggan bukan berarti sok kenal sok dekat, hormati pelanggan dan ramah terhadap pelanggan rasanya sudah cukup.



View the original article here



Peliculas Online

Subscribe to receive free email updates: