Tips Usaha Laundry

Usaha laundry termasuk salah satu jenis usaha bisnis yang kini banyak dijadikan pilihan oleh calon wirausahawan. Bisnis ni berkembang demikian pesat, khususnya di wilayah perkotaan yang penduduknya lebih dinamis. Hal ini menyebabkan banyak orang di kota yang tidak sempat lagi mengurusi kebutuhan mereka mencuci baju.

Kondisi inilah yang kemudian dijadikan sebuah peluang bisnis oleh sebagian orang. Mereka menawarkan jasa usaha laundry, sehingga mereka yang memerlukan jasa pelayanan pencucian pakaian bisa terpenuhi kebutuhannya. Apalagi, secara umum banyak masyarakat yang tinggal di kota merasa kesulitan dalam menyelesaikan masalah pencucian pakaian ini.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Seperti masalah waktu yang tidak banyak karena tersita untuk menyelesaikan urusan kantor. Selain itu, semakin sulitnya ketersediaan air bersih di wilayah kota, menjadikan banyak orang yang merasa enggan untuk mencuci pakaian mereka dengan air yang kurang bersih. Ketersediaan lahan pun kerap menjadi kendala saat mereka hendak menjemur pakaian. Pun, tingginya angka pencemaran udara tak jarang menjadikan pakaian yang dijemur pun kerap terkena dampak polusi tersebut.

Inilah mengapa banyak orang yang tinggal di kota lebih memilih menyerahkan masalah pencucian pakaian mereka pada usaha laundry. Sebab, selain lebih praktis dan bersih, dengan mencuci pakaian di laundry, maka bisa lebih menghemat karena tidak perlu membayar tenaga pembantu rumah tangga untuk mencucikan pakaian mereka.

Salah satu peluang lain yang bisa didapat dengan membuka usaha laundry adalah para mahasiswa. Terutama jika kita membuka usaha laundry ini di wilayah yang padat oleh mahasiswa yang berasal dari perantauan dan hidup di tempat kost. Mereka merupakan pangsa pasar potensial yang bisa digarap saat ini.

Hal ini terkait dengan gaya hidup mahasiswa pada saat ini yang cenderung enggan merepotkan diri dengan urusan mencuci pakaian mereka. Selain karena dianggap tidak praktis, kehidupan kampus pada saat ini pun cukup menyita waktu para mahasiswa sehingga mereka kerap tidak sempat untuk mencuci pakaian dan memilih menyerahkannya ke jasa laundry.

Tips Usaha Laundry

Dengan kondisi ini, peluang yang terbuka bagi mereka yang ingin membuka usaha laundry cukup besar. Apalagi modal yang dibutuhkan untuk membuka sebuah tempat usaha laundry tidak terlalu besar. Dengan beberapa tips yang tepat, kiranya pilihan untuk membuka sebuah usaha laundry bisa membawa keuntungan yang cukup menjanjikan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuka sebuah usaha laundry. Diantaranya adalah :

  1. Pemilihan lokasi menentukan sebuah proses keberhasilan usaha ini. Lebih baik memilih lokasi usaha laundry ini di kawasan yang padat penghuni, terutama penghuni yang tidak menetap seperti kawasan kost-kost mahasiswa.
  2. Promosi. Promosi ini diperlukan agar konsumen mengetahui bahwa ada sebuah usaha laundry di tempat tersebut. Akan lebih baik jika promosi ini mampu menarik perhatian konsumen atau eye catching.
  3. Sebuah usaha laundry yang paling diutamakan oleh konsumen adalah keharuman pakaian yang dicuci. Oleh karena itu, jangan pelit dalam menaburkan pengharum pakaian, namun harus tetap memperhatikan biaya produksi.
  4. Jangan mengumbar janji. Jangan pernah mengucapkan janji kepada konsumen tentang berapa lama penyelesaian sebuah cucian, jika kita tidak mampu menyelesaikan tepat waktu. Sebab hal itu akan mengundang kekecewaan konsumen.
  5. Berikan layanan antar jemput untuk wilayah tertentu. Hal ini demi memfasilitasi pelanggan yang tidak memiliki waktu untuk datang ke tempat cucian untuk mengantar atau mengambil cucian mereka.


Sumber artikel...

Subscribe to receive free email updates: