Tips Usaha Makanan

Usaha makanan pada saat ini merupakan salah satu jenis usaha yang banyak dilirik oleh para pengusaha. Baik itu jenis makanan yang berat seperti hidangan yang menyajikan makanan pokok, atau sekedar makanan untuk kegiatan selingan. Hal ini berakibat pada saat ini kita tidak akan kesulitan untuk menemukan berbagai jenis makanan yang sesuai dengan selera kita.

Fenomena ini disebabkan beberapa hal. Salah satunya adalah karena jenis usaha makanan ini menjanjikan keuntungan yang sangat besar dengan kebutuhan modal yang kecil. Selain itu, dalam bisnis makanan seperti ini, seorang pengusaha tidak memiliki kewajiban untuk mematok besar keuntungan yang mereka inginkan secara seragam dengan pengusaha lainnya.

Selain tidak adanya regulasi yang mengatur tentang harga jual sebuah makanan, seseorang pun cenderung rela membayar sebuah makanan dengan harga lebih mahal. Dengan catatan makanan yang mereka santap bisa memenuhi selera mereka. Itulah mengapa dalam sebuah usaha makanan, harga sebuah bakso di kaki lima tidak akan sama dengan harga semangkuk bakso yang dijual di sebuah restoran.

Bandingkan dengan usaha lain, seperti toko bangunan misalnya. Seorang pedagang toko bangunan tidak akan mungkin menjual satu kantong semen dengan harga lebih mahal dari toko lainnya. Selain karena memang sudah ada harga acuan, pembeli pun cenderung lebih memilih toko yang berani menjual dengan harga semen lebih murah. Sebab, kualitas semen antara satu toko dengan toko lainnya pastilah sama. Ini yang membedakan dengan sebuah usaha makanan.


Tips Usaha Makanan

Dalam sebuah usaha, tentu harus melalui perhitungan yang cermat. Sebab, tanpa adanya perhitungan bisa jadi justru akan menyebabkan bisnis yang kita jalankan bukan meraup keuntungan, namun merugi. Demikian pula dalam usaha makanan ini, yang walau pun memiliki prospek cerah namun tetap harus melalui pertimbangan matang.

Hal ini diperlukan guna menghindari kerugian yang tidak diinginkan. Selain itu, agar usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan efisien serta meraih apa yang diinginkan. Beberapa tips yang bisa dijalankan dalam memulai sebuah usaha makanan diantaranya adalah :

  1. Mengenali lokasi. Hal ini penting untuk menentukan jenis makanan yang hendak dijual. Di wilayah kampus atau perkantoran, sebaiknya menjual makanan pokok seperti warung makan atau restaurant. Sedangkan untuk kawasan wisata, lebih baik menjual makanan khas daerah.
  2. Menjaga kesegaran. Biasanya, banyak pedagang makanan yang melakukan daur ulang masakan yang belum laku pada hari sebelumnya. Hal ini perlu dihindari. Pastikan makanan yang Anda sajikan selalu dalam kondisi baru dan bukan hasil daur ulang masakan.
  3. Kebersihan. Sebuah usaha makanan harus menjaga kebersihan lokasi usahanya. Sebab, dengan kebersihan maka citra sebagai lokasi yang higienis dan sehat bisa terwujudkan.
  4. Unik. Salah satu usaha makanan akan cepat dikenal oleh masyarakat apabila mampu menyajikan menu yang unik dan belum pernah dikenal sebelumnya oleh masyarakat. Sebab, masyarakat pada saat ini cukup mudah tergoda untuk mencoba sebuah menu yang terlihat unik dan baru.
  5. Eye Catching. Sebuah usaha makanan, harus mudah terlihat agar konsumen tahu bahwa di lokasi tersebut ada sebuah tempat makan yang perlu dikunjungi dan dicoba. Salah satunya dengan membuat papan nama yang cukup mencolok.


Sumber artikel...

Subscribe to receive free email updates: