Digital Printing - Peluang Bisnis Baru dalam Mengeruk Laba


Dunia pariwara sekarang diramaikan dengan teknologi baru yakni, digital printing. Sebuah solusi yang menyiasati tingginya kebutuhan pariwara atau iklan. Teknologi digital printing tak hanya berhenti pada urusan cetak-mencetak spanduk, namun lebih dari itu.


Perusahaan advertising, periklanan atau pariwara merupakan usaha profit yang bergerak di bidang pelayanan publikasi kepada pelanggan yang membutuhkan. Usaha ini bisa jadi merupakan usaha yang paling dekat dengan digital printing dan seluk-beluknya. Publikasi adalah aksi marketing guna mengenalkan produknya. Publikasi ini yang berkaitan dengan proses pengadaan media iklan dalam jumlah banyak.


Urusan pengadaan media iklan dilayani oleh percetakan yang memiliki mesin dengan format digital printing. Rupanya digital printing lebih diminati oleh banyak pelanggan karena kwalitas cetakan yang sempurna (gambarnya realities) dan bisa dikerjakan dengan instant. 


Sejarah Digital Printing 


Trend bisnis digital printing mulai tumbuh sejak awal dekade 2000, awalnya usaha ini hanya ada di kota-kota besar, mengingat waktu itu mesin digital printing harganya masih mahal dan pemasaraannya mesin digital printing masih terbatas atau belum merata.


Waktu itu untuk membuka usaha digital printing butuh modal kisaran 150jt – 250jt, biaya sebanyak itu digunakan untuk membeli mesin digital yang diimpor langsung dari Jerman. Sebab pencipta mesin digital printing awalnya dikenalkan di Jerman. 


Kelebihan digital printing yang cepat dan instant, hasilnya juga bisa ditunggu dalam hitungan jam, tentu mampu melayani tuntutah kebutuhan dunia periklanan di Indonesia. Kehadiran digital printing perlahan tapi pasti mampu merebut pasar luas, dengan target pasar produsen, perusahaan advertising, Event Organizer dan lain sebagainya. Kehadiran digital printing mengakibatkan usaha sablon manual ditinggalkan.


Digital Printing - Peluangan Usaha Baru 


Bisnis percetakan merupakan bisnis yang stabil dan tak pernah sepi akan pesanan pelanggan. Apalagi sejak harga mesin digital printing mulai turun, bisnis ini kian diminati wirausahawan yang ingin mencari keuntungan di dunia cetak-mencetak. Bidang usaha tak hanya pada satu layanan saja melainkan banyak objek cetak yang bisa dikerjakan.


Kebutuhan akan media iklan dalam jumlah banyak dan berkelanjutan, namun di sisi lain percetakan konvensional tak mampu melayani tuntutan konsumen yang inginnya serba cepat, maka, ini menjadi sebuah peluang bisnis dan harapan bagi wirausahawan di bidang digital printing.  


Namun apa saja sih layanan yang bisa dikerjakan melalui digital printing? Agar pembaca lebih paham mari kita ulas tentang produk yang bisa dihasilkan dari teknologi digital printing.


Macam-macam Produk Digital Printing


1. Produk Digital Printing - Sablon T-shirt


Salah satu produk yang bisa dikerjakan dengan mesin digital printing adalah sablon t-shirt. Apa bedanya dengan sablon konvensional? Kalau sablon konvensional, dikenai jumlah minimum misalnya minimal pesan 10 piece, tapi beda dengan sablon digital, pelanggan bisa pesan satu atau dua pieces saja.


Dalam bisnis digital printing di bisang t-shirt ini, pelanggan juga bisa membawa desain sendiri dengan format file digital. Harga pun bisa lebih murah karena tak memerlukan bahan banyak. Keunggulan sablon digital pada kaos yakni sifatnya eksklusif karena dicetak terbatas.


Pelanggan bisa mendesain sendiri sesuka hati gambar t-shirtnya, atau membawa dari rumah. Pelanggan hanya membayar t-shirt polos yang dijual oleh toko digital printing atau bahkan membawa sendiri, jadi dia hanya membayar ongkos cetaknya.  


Peralatan yang dibutuhkan untuk usaha digital printing jenis sablon t-shirt digital, antara lain komputer spek grafis, mesin print komputer biasa, namun menggunakan tinta khusus sablon, dan kertas sablon atau transfer paper dan setrika listrik.  


2. Produk Digital Printing - Digital Sablon Mugs


Salah satu keunggulan digital printing bisa mencetak dibidang lunak, teknologi ini juga dapat mencetak gambar di mugs atau gelas keramik. Cara mencetaknya dengan menggunakan alat digital khusus mugs. 


Banyak perusahaan memesan produk souvenir yang dicetak dengan logo perusahaan. Contohnya mugs sangat cocok untuk souvenir perusahaan selain fungsional sebagai tempat minum, mugs yang berlogo perusahaan berfungsi sebagai media mengangkat citra perusahaan/ brand image. Usaha digital printing jenis ini cukup menjanjikan.


3. Produk Digital Printing - Banner 


Banner merupakan media promosi mandiri yang dicetak dalam media plastik, dipajang dalam posisi berdiri dan menjadi produk selanjutnya yang bisa dihasilkan dari digital printing. Sifat banner yang fleksible bisa di pajang di sembarang lokasi, baik outdoor maupun indoor. Banner merupakan sebuah kebutuhan bagi perusahaan yang ingin memasarkan produknya agar diterima oleh target pasarnya.  


Banner hadir dalam setiap event promosi yang digelar oleh event organizer. Fungsi banner adalah media untuk menyampai informasi tentang produk yang ditawarkan kepada pelanggan. Banner yang dirancang sungguh-sungguh berdampak menarik minat orang awam untuk membacanya. Banner merupakan salah satu main product dari usaha digital printing. Harga cetak banner sudah termasuk bilang penopang sekitar 150 – 200 ribu rupiah.


4. Produk Digital Printing - Baliho atau Spanduk


Baliho adalah media iklan dalam ukuran besar dan panjang, baliho dipakai untuk ruang terbuka atau outdoor. Awalnya spanduk menggunakan bahan dasar kain nylon, kemudian disablon yang sebelumnya gambar dibikin secara manual.


Pembuatan baliho metode manual memakan waktu lama, sehingga kurang efektif. Namun sekarang baliho bisa dicetak diatas media plastik terpal yang tahan terhadap air dan cuaca. Keuntungan mencetak baliho dengan mesin digital printing antara lain, gambar lebih realistis dan warnapun yang dicetak sama persis dengan keinginan pelanggan.


5. Produk Digital Printing - Pamflet


Pamflet adalah produk dari digital  printing berbentuk media kertas atau poster. Fungsi pamphlet adalah sebagai media menyampaikan informasi kepada kalayak ramai. Agar pamflet dapat menarik perhatian orang, harus dirancang sedemikan rupa meliputi pemilihan font, komposisi gambar, tabel dan warna dasar dari pamflet. 


Pamflet biasanya ditempel pada area publik seperti papan pengumuman, halte bus, tiang listrik dan lain sebagainya. Fungsi pamflet sangat diandalkan untuk mengumumkan sebuah event besar seperti konser, seminar maupun pameran. Oleh karena itu pamflet merupakan salah satu produk utama dari usaha digital printing.


6. Produk Digital Printing - Brosur atau Katalog


Brosur maupun katalog merupakan media promosi yang bersifat pribadi, sebab dalam penyebaraannya dibagikan kepada setiap orang. Harapannya orang yang menerima brosur berkenan membaca isi pesan yang ada di dalam brosur tersebut. Produk ini juga merupakan salah satu produk dari kecanggihan digital printing.


Memulai Usaha Digital Printing


Rasanya tak ada kata terlambat untuk membuka usaha digital printing, karena kebutuhan akan produk cetak semakin bertambah. Sedangkan pasar pun tak bisa dikatakan sedikit. Inilah moment yang tepat, jika Anda tertarik membangun bisnis digital printing di kota Anda.  


Bisnisman yang bijak sebelum membangun suatu usaha harus memperhatikan hal-hal mendasar seperti perencanaan modal, dan target pasar. Berikut ini merupakan tips singkat bagaimana menjalankan usaha digital printing dan mencari pelanggan baru.


1. Memulai Usaha Digital Printing - Tempat Usaha 


Syarat utama membangun bisnis digital printing adalah tempat usaha. Sebaiknya Anda membangun ruang usaha yang cukup luas dan tertata, karena mesin digital printing terutama mesin digital untuk spanduk dan baliho ukurannnya besar, panjang mesin hampir 3 meter sendiri.


Oleh karena itu Anda wajib menyediakan ruangan khusus untuk menempatkan mesin-mesin tersebut pada bisnis digital printing Anda. Ruang usaha juga harus tertata sesuai fungsinya, jangan sampai ruang produksi perdampingan dengan ruang setting atau ruang administrasi. 


2. Memulai Usaha Digital Printing - Pengadaan Mesin Digital Printing


Mesin digital printing merupakan benda utama yang wajib dimiliki. Bisnis digital printing yang lengkap menyedikan mesin printing spanduk, mesin cetak kertas, mesin cetak foto, mesin cetak mugs, dan mesin cetak stiker dan mesin cetak tshirt. 


Anda dapat mencari mesin-mesin tersebut melalui agen distributor mesin digital printing dikota besar. Pembayarannya bisa dinegoisasi atau bisa lewat agen leasing yang ditunjuk oleh distributor.


3. Memulai Usaha Digital Printing - Pengadaan Bahan Utama


Salah satu modal dasar bisnis digital printing adalah pengadaan bahan dasar cetak seperti plastik terpal, tinta, kertas dan spare part pendukung lainnya. Bahan itu wajib tersedia, kalau perlu Anda harus kulakan dalam partai besar jika menghadapi musim kampanye, dan musim pertunjukan. Jangan sampai ketika order sedang ramai, Andaa kehabisan stok bahan. Ini akan merugikan bisnis Anda.


4. Memulai Usaha Digital Printing - Promosi


Tahap berikutnya setelah bisnis digital printing ini berjalan, adalah promosi guna mencari pelanggan baru. Dalam masa promosi sebaiknya memakai trik diskon pada setiap pemesanan partai besar. Agar promosi Anda lebih menjangkau semua kalangan, gunakan media surat kabar dan majalah.





View the original article here

Subscribe to receive free email updates: