Membangun Bisnis Rumah Makan


Rumah makan merupakan bisnis yang tak pernah lekang dimakan zaman. Bisnis ini berkaitan dengan urusan kebutuhan pokok manusia yakni pangan. Namun jika bisnis rumah makan tak disokong dengan manajemen yang baik pasti bisnis ini hanya berumur pendek. Sebetulnya menjalankan bisnis rumah makan tak harus menggunakan modal yang besar dan bangunan pendukung yang luas.


Bisnis restoran bisa dikerjakan secara rumahan dengan sajian makanan khas rumah. Itu pun rasa-rasanya sudah mampu menarik pelanggan mampir di rumah makan Anda.


Manajemen Rumah Makan 


Bisnis rumah makan merupakan gabungan dari dua jenis usaha yakni produksi dan layanan jasa. Jadi kalau Anda tertarik mendirikan bisnis kuliner, harus memiliki sikap melayani terlebih dahulu. Yang jelas bagaimana kostumer dilayani agar terasa nyaman dahulu. Bentuk dari layanan adalah kecepatan dalam menyajikan pesanan makan minum, sikap ramah dari pelayanan dan lain sebagainya.  


Keramahan terhadap pelanggan merupakan kunci sukses menjaring pelanggan baru, pelayanan yang friendly terahadap tamu memberikan pengalaman lain bagi tamu anda. Berikut ini point manajemen rumah makan:


1. Manajeman Bisnis Rumah Makan - Pelayanan


Salah satu point manajemen rumah makan adalah pelayanan terhadap pelanggan. Biasakanlah bersapa dengan pelanggan, dengan pelayanan yang prima hal itu akan berdampak pada kepuasan pelanggan. Walaupun rumah makan Anda hanya skala rumah, namun jika Anda memberikan layanan yang baik, maka pelanggan akan datang lagi di lain hari. Dan malah, rumah makan Anda nantinya akan ikut direkomendasikan oleh palanggan. 


Pelayanan juga harus sampai di level pegawai,sering-sering Anda memberi pengarahan kepada pegawai Anda tentang cara melayani tamu dengan cepat dan tepat. Jangan takut akan komplain dari pelanggan, jadikan komplain pelanggan rumah makan Anda sebagai nilai ujian.


Mendengarkan komplain dari pelanggan, berarti Anda tahu di mana letak kekuarangan dari bisnis rumah makan Anda. Dan segara membenahi letak kekurangan agar menjadi lebih baik lagi. Respon yang cepat dalam menanggapi komplain dari pelanggan akan memberikan nilai tambah bagi restoran Anda. Restoran atau rumah makan yang besar sekalipun tak berarti bebas komplain. Untuk menjadi sebuah restoran maju memang membutuhkan trial and error. 


2. Manajeman Bisnis Rumah Makan - Produk 


Produk utama rumah makan adalah kuliner dan kemasannya. Makan dan minuman yang diolah biasa saja akan tak memberi kesan sama sekali. Namun jika makan dan minuman yang sederhana dikemas secara serius akan menimbulkan citra baru yang menarik perhatian.  


Kemasan merupakan sesuatu yang penting, karena kemasan mewakili citra usaha Anda. Produk masakan yang dikemas secara menarik dan hiegenis memberikan pengalaman lain bagi pelanggan Anda. Rumah makan yang berkarakter memiliki produk inti yang menjadi andalannya. Misalnya Restoran A terkenal dengan sambelnya yang segar dengan lombok yang baru dipetik dari pohon. Kemudian Restoran B terkenal dengan bebek bakar yang empuk dan lain sebagainya.  


Nah produk utama inilah yang harus dipertahankan sebagai brand rumah makan Anda. Walaupun rumah makan Anda menyediakan aneka menu lain sebagai untuk melayani kemauan pelanggan. Namun produk utama jangan sampai diabaikan.


3. Manajeman Bisnis Rumah Makan - Miliki Produk Andalan


Elemen itu penting sebagai diferensial produk yang membedakan dengan restoran lainnya. Agar tak jenuh dengan menu yang sama, secara barkala Anda dituntut kreativitasnya menciptakan produk baru. Jangan ragu dengan kegagalan, carilah resep-resep kuliner dari negeri sendiri yang murah meriah. Rekomendasikan kepada pelanggan tentang menu baru, agar mendapat penilaian dari pelanggan.


4. Manajemen Bisnis Rumah Makan - Pelayanan yang Cepat


Bisnis rumah makan secara langsung berkaitan dengan jam makan manusia, perut lapar tak mungkin disuruh menungga lama. Dalam hal ini pelayanan rumah makan dituntut cepat dalam melayani pelanggan yang datang. Restoran yang membuat pelanggan jadi menunggu lama menimbulkan penilaian minus terhadap layanan rumah makan Anda.


Oleh karena itu, salah satu kunci sukses mendirikan rumah makan adalah kecepatan dalam melayani pelanggan, jangan sekali-kali membuat pelanggan menunggu lama. Namun jika terasa lama dalam menyajikan order, langsung saja minta maaf.


5. Manajemen Bisnis Rumah Makan - Tata Letak


Makan di luar rumah merupakan kebutuhan bagi konsumen modern, mereka sengaja datang dari rumah menuju rumah makan tak hanya sekadar makan siang maupun makan malam saja, melainkan mencari suasana lain yang lebih nyaman. Jadi tata letak rumah makan harus diperhatikan betul.


Apalagi rumah makan sekarang ini fungsinya hanya untuk bersantap saja, melainkan lebih dari itu, misalnya tempat meeting, outbond, pesta ulang tahun dan lain sebagainya. Oleh karena itu manajemen rumah makan harus ditata guna memenuhi kebutuhan lain.


Konsep Desain Rumah Makan


Desain interior yang nyaman membuat pengunjung merasa betah. Konsep desain rumah makan ada dua macam, indoor maupun outdoor. Indoor adalah konsep rumah makan yang memakai gedung atau rumah, jadi antara dapur dan meja tamu berada dalam satu atap. Contoh konsep indoor banyak diterapkan pada rumah makan waralaba. Sedangkan outdoor adalah desain rumah makan yang tata letaknya berada di luar ruangan, seperti restoran saung khas Sunda.  


Bisnis Rumah Makan - Sajikan Menu Berbeda dan Unik


Agar produk rumah makan Anda terhindar dari kesan follower terhadap trend yang berkembang, sebaiknya menerapkan konsep diferensiasi produk. Yang dimaksud dari diferensiasi produk adalah kegiatan menciptakan sebuah produk yang sesuai dengan brand rumah makan guna membedakan produk Anda dengan produk dari rumah makan lain.  


Diferensiasi produk bisa diterapkan pada layanan, menu andalan, brand image, dan merek dagang dari rumah makan Anda. Diferensiasi ini berfungsi untuk membedakan restoran Anda dengan yang lain, sebagai upaya membangun citra rumah makan Anda.  


Diferensiasi produk berkaitan dengan target konsumen yang akan disasar oleh usaha Anda. Sebenarnya pelanggan restoran atau rumah makan itu banyak sekali, dari perorangan maupun grup, semuanya memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri-sendiri.


Misalnya saja rumah makan yang dekat dengan perkantoran dan universitas pastilah menyasar pelanggannya dari kalangan pegawai kantor dan anak kuliah, agar produknya sesuai dengan kebutuh mereka, pemilik restoran menyajikan menu-menu masakan rumah dengan harga yang terjangkau dengan dompet mereka.


Bisnis Rumah Makan - Jadilah Leader bukan Follower


Prinsip restoran yang baik adalah lebih baik menjadi leader dari pada follower atau pengikut. Menjadi leader dalam market restoran mudah mencari pelanggan baru.   Untuk menjadi pioneer perlu membangun produk layanan yang dikemas secara serius agar bisa membedakan dengan pesaing.


Jika Anda  ingin mengejar pasar lebih banyak dan cepat, sebaiknya bekerja sama dengan biro wisata, atau agen bus malam. Rekomendasikan restoran Anda kepada mereka mengenai layanan restoran bahwa bisnis rumah makan yang Anda miliki sangat akomodatif terhadap group wisata dan penumpang bus yang transit untuk makan malam.


Kedua segemen pasar ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung bagaimana Anda menjalankan bisnis rumah makan dengan baik dan benar. 


Membangun Brand Image Rumah Makan


Tahapan yang pertama kali dikerjakan setelah Anda menjalankan usaha kuliner berupa rumah makan, adalah membangun brand image, atau merek dagang. Fungsi brand image itu adalah agar usaha Anda dikenal secara utuh dan produknya diterima oleh konsumen.  


Membangun brand image rumah makan, sebetulnya sangat mudah, hanya diperlukan promosi yang gencar. Bentuk dari promosi rumah makan baru antara lain diskon untuk paket menu tertentu, kartu member dan layanan plus lainnya.  Demikianlah sedikit kiat membangun bisnis rumah makan, yang ternyata sangat menguntungkan jika dikelola dengan baik dan benar. Selama manusia masih memiliki rasa lapar, bisnis rumah makan masih menjanjikan masa depan yang cerah. 





View the original article here

Subscribe to receive free email updates: