Oriflame Indonesia - Bisnis Kosmetika Rumahan


Tidak ada yang salah dengan multilevel marketing. Begitulah kiranya suatu kredo berbisnis yang melibatkan para pegawai siluman yang tidak terendus pajak dan para petugasnya. Berbekal kredo tidak ada yang salah itulah, Oriflame Indonesia mengembangkan bisnis dan memperkenalkan produknya melalui jalan multilevel marketing.


Oriflame adalah salah satu perusahaan Direct Selling (Penjualan Langsung) dan atau multilevel marketing di dunia yang paling berkembang pesat. Oriflame telah dikenal di banyak tempat di dunia dan keberhasilan ini terjadi karena loyalitas para konsultan dan harapan dari para pelanggan. Begitupun dengan Oriflame Indonesia.


Sikap profesional dan sikap usahawan adalah kunci utama yang membuat Oriflame menjadi pilihan utama di mana saja sebagai produk alami. Konsultan dan karyawan Oriflame akan membuat Oriflame berbeda dengan perusahaan direct selling lainnya. Oriflame Indonesia juga memiliki keuntungan demikian.


Oriflame Indonesia - Sejarah Oriflame 


Oriflame Indonesia merupakan bagian dari Oriflame internasional. Oleh karena itu, sejarah berdirinya Oriflame internasional juga menjadi bagian dari Oriflame Indonesia. Oriflame didirikan oleh Robert af Jochnick dan Jonas af Jochnick pada tahun 1967. Oriflame merupakan perusahaan internasional yang berada di Swedia yang beroperasi di lebih 60 negara.


Oriflame Indonesia sendiri berdiri pada 1986 lalu. Dipimpin oleh Thomas Ekberg yang berkantor pusat di Jakarta. Sejak pembukaan hingga kini telah puluhan ribu konsultan bergabung bersama Oriflame Indonesia dan terus berkembang. Harapan Oriflame adalah memasarkan kosmetika alami Swedia melalui penjualan langsung melalui jasa konsultan aktif dengan cara menggunakan katalog. Juga merekrut konsumen untuk menjadi konsultan Oriflame Indonesia. 


Sejalan dengan waktu, kini lebih dari 1.000.000 konsultan di lebih dari 60 negara telah bergabung dan berusaha di Oriflame, baik Oriflame Indonesia maupun Oriflame internasional. Oriflame memiliki rangkaian produk yang luas dengan bahan dasar yang alami dengan penelitian yang mendalam dilakukan di Global Technical Center milik Oriflame di Dublin, Irlandia.


Oriflame Indonesia adalah anggota dari APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia). Oriflame adalah perusahaan pendiri dari Yayasan Anak-anak Dunia (The World Childhood Foundation). Didirikan oleh H.M.Queen Silvia of Sweden. Yayasan tersebut bertujuan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi anak-anak yang menderita di seluruh dunia.


Produk Oriflame dijual langsung kepada konsumen atau pelanggan oleh konsultan independen dan bukan karyawan Oriflame. Para konsultan Oriflame, baik Oriflame Indonesia maupun Oriflame internasional menyediakan pelayanan yang unik bagi para calon pelanggan dan calon konsumen mereka yaitu dengan memberikan petunjuk-petunjuk dan konsultasi khusus mengenai kecantikan baik di rumah maupun kantor-kantor mereka.


Dalam penjualan secara konvensional, Oriflame Indonesia melibatkan seluruh jajaran perantara yang meneruskan produk dari pabrik ke pelanggan. Setiap orang mengambil keuntungan dan harga produk menjadi lebih mahal. Sedangkan Oriflame, baik Oriflame Indonesia mupun internasional dengan sistem pemasaran yang dinamis membagikan keuntungan kepada para konsultan yang seharusnya untuk grosir, pengecer, pemborong dan perantara lainnya.


Dengan demikian dari biaya-biaya yang dihemat tersebut memungkinkan Oriflame untuk menjual produk berkualitas tinggi dengan harga murah dan bersaing. Oriflame Indonesia menganut sistem yang sama.


Oriflame Indonesia


Oriflame Indonesia (PT. Orindo Alam Ayu) merupakan salah satu perusahaan Multi Level Marketing (MLM) yang bergerak di bidang kosmetik dan perawatan tubuh dengan sistem penjualan langsung (direct selling).


Oriflame Indonesia berusaha semaksimal mungkin memberikan karyanya yang terbaik untuk dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat baik dari segi kualitas maupun kuantitas produk. Sebagai salah satu perusahaan MLM (Multi Level Marketing) yang bergerak di bidang kosmetik dan perawatan tubuh. Dengan berusaha memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk memberikan berbagai kemudahan kepada konsumen pengguna produk Oriflame Indonesia.  


Saat ini perusahaan MLM (Multi Level Marketing) telah banyak berdiri dan bergerak di bidang yang sama. Kondisi ini dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dan informasi serta tuntutan yang semakin tinggi dari konsumen pengguna produk Oriflame Indonesia dan konsumen pengguna produk-produk lainnya, sehingga Oriflame Indonesia harus bisa bersaing dengan perusahaan MLM (Multi Level Marketing) lainnya.


Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi persaingan tersebut adalah melalui penyampaian pesan konsultan Oriflame Indonesia dalam program salah satunya yang dinamakan OSM (Opportunity Sharing Meeting).


Oriflame Indonesia dalam memasarkan produk maupun merekrut konsultan baru memakai jasa konsultan. Oriflame Indonesia dalam merekrut konsultan baru melalui kegiatan Training OSM (Opportunity Sharing Meeting) yaitu kegiatan tatap muka antara peserta dengan komunikator (konsultan Oriflame Indonesia).


Konsultan Oriflame Indonesia harus bisa atau mampu menyampaikan pesan atau hal-hal yang berkaitan dengan Oriflame Indonesia, baik secara formal melalui salah satunya Training OSM (Opportunity Sharing Meeting) yang dilakukan setiap hari kerja, maupun informal (mengobrol dengan teman sambil minum teh di sore hari, atau mengisi formulir di Internet). Dengan demikian konsultan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kelangsungan kerja Oriflame Indonesia.    


Konsultan Oriflame Indonesia


Sebagai konsultan Oriflame Indonesia, para costumer menikmati hak istimewa pembelian secara langsung harga grosir dari Oriflame Indonesia. Pembelian produk untuk penggunaan pribadi adalah langkah pertama dalam usaha ini. Alasan utama dalam pembelian dan penggunaan produk tersebut bukanlah untuk berhemat, tetapi hal ini dilakukan untuk memperoleh pengetahuan dan kepercayaan diri.


Jadi konsultan Oriflema Indonesia dapat mengatakan “Saya tahu produk ini bagus” pada saat menjualnya pada orang lain. Mereka secara psikologis merasa tertanam suatu kredo ”Jadilah pelanggan terbaik bagi diri sendiri.” Adapun Oriflame Indonesia sendiri membagi konsultannya dalam beberapa kategori antara lain. 



  • Konsultan Aktif adalah konsultan yang melakukan pemesanan pribadi minimal sekali dalam periode 3 bulan terakhir.


  • Konsultan Tidak Aktif adalah seorang konsultan yang tidak melakukan pemesanan pribadi dalam periode 3 bulan terakhir. Seorang konsultan tidak aktif, tidak termasuk lagi dalam daftar pengiriman Printing Material. Hal ini memberikan manfaat pelayanan yang pantas bagi seorang konsultan aktif. Untuk menjadi konsultan aktif, seorang konsultan harus melakukan pemesanan baru.


  • Konsultan Berhenti adalah seorang konsultan yang melakukan pemesanan pribadi selama periode 12 bulan terakhir. Keanggotaannya sebagai konsultan Oriflame akan dibatasi. Untuk menjadi seorang konsultan aktif, seorang konsultan mendaftar ulang dan membayar penuh biaya pendaftaran.

Dan untuk menjadi konsultan dari Oriflame Indonesia, bagi yang tertarik perlu diperhatikan beberapa peraturan ini. 



  • Seorang calon konsultan harus disponsori oleh seorang konsultan Oriflame Indonesia atau dalam keadaan tertentu Oriflame Indonesia dapat mengangkat seorang konsultan dari setiap jaringan sebagai sponsor.


  • Oriflame Indonesia berhak menolak permohonan pengangkatan sebagai konsultan.


  • Calon konsultan harus berumur 17 tahun untuk menjadi konsultan.


  • Keanggotaan konsultan akan berakhir pada hari jadi pengangkatannya.


  • Keanggotaan secara otomatis akan diperpanjang jika seorang konsultan  menempatkan pesanan setelah hari jadi pengangkatannya, dan Oriflame Indonesia akan memasukkan biaya perpanjangan keanggotaan kedalam faktor pesanan tersebut.


  • Konsultan dapat berhenti dari keanggotaannya setiap saat dengan menyerahkan pemberitahuan tertulis kepada sponsor, director dan Oriflame Indonesia.

Dengan beberapa peraturan tersebut, Oriflame Indonesia telah berhasil menyerap jaringan multilevel dan pasar rumah tangga di Indonesia. Beberapa situs telah diciptakan untuk berbagi pengetahuan sebagai sesama konsultan. Dengan 3.000 karyawan dan ratusan ribu konsultan, Oriflame berkembang pesat selama bertahun-tahun.


Dengan perkembangan tersebut, Oriflame Indonesia tidak pernah menyimpang dari ide dasar yaitu produk-produk berkualitas tinggi yang dibuat dari bahan alami, struktur yang sederhana dan semangat wirausaha yang tinggi. Kesuksesan itu pantas di dapat, bila kepercayaan dari para konsultannya tetap tinggi.





View the original article here

Subscribe to receive free email updates: