Arti Visi Misi Perusahaan

Visi misi perusahaan adalah dua hal yang memiliki arti penting dalam mencapai keberhasilan sebuah perusahaan. Hal ini terkait dengan posisi keduanya sebagai bagian inti dalam menentukan strategi sebuah perusahaan.

itulah sebabnya, visi misi perusahaan merupakan komponen yang akan disusun pertama kali sebelum pihak manajemen perusahaan menentukan strategi yang akan mereka jalankan. Hal ini mengingat, visi misi perusahaan akan dijadikan pedoman dalam penyusunan strategi tersebut pada nantinya. Oleh karena itu, perusahaan tidak boleh membalik proses, yaitu dengan mendahulukan menentukan strategi perusahaan baru selanjutnya berpikir mengenai visi misi perusahaan.

Sebab, bila proses penyusunan strategi perusahaan dilakukan terlebih dahulu, hal tersebut akan berdampak pada kurang efektifnya pelaksanaan strategi. Sebab, hal tersebut akan memunculkan perbedaan komitmen serta sudut pandang dari setiap divisi yang ada di perusahaan dan juga pada pihak manusia yang akan menjalankan strategi perusahaan tersebut. Hal ini terjadi, karena visi dan misi yang dimiliki oleh setiap divisi dan manusia yang ada di perusahaan tersebut, tidak sama antara satu orang dan lainnya.

Agar visi misi perusahaan ini bisa dipahami secara sama oleh setiap elemen dalam perusahaan, dibutuhkan peran dari seorang pemimpin. Peran seorang pemimpin dalam proses ini, sangat menentukan apakah visi misi perusahaan tersebut bisa dipahami dengan baik atau tidak oleh semua elemen. Itulah mengapa, proses penyampaian visi misi perusahaan harus dilakukan dengan cermat dan tepat. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan seorang pemimpin, agar bisa menyampaikan visi dan misi perusahaan sehingga semua elemen bisa menerjemahkan dalam sudut pandang yang sama.

Beberapa hal yang harus dilakukan seorang pemimpin antara lain adalah :

  1. Dengan melakukan proses pembelajaran, yaitu memberikan pemahaman mengenai visi dan misi perusahaan pada semua elemen di perusahaan tersebut
  2. Peyakinan. Semua elemen yang ada dalam perusahaan harus diberikan keyakinan bahwa dalam setiap perkataan dan perbuatan yang mereka lakukan, harus memiliki keselarasan serta kesesuaian.
  3. Motivasi. Dilakukan dengan menumbuhkan kemauan dalam setiap hati karyawan agar semua aktivitas yang mereka lakukan di perusahaan memiliki keselarasan dengan apa yang sudah dijadikan tujuan serta komitmen perusahaan.
  4. Pengulangan. Visi misi perusahaan harus disampaikan secara berulang kali, sehingga secara tidak langsung akan menyatu dengan pemikiran semua orang dalam perusahaan.
  5. Visi misi perusahaan harus disampaikan dalam setiap kesempatan dan media. Dengan demikian, pada setiap waktunya, visi dan misi tersebut akan diketahui dan diingat oleh semua orang. Itulah mengapa, visi misi perusahaan sering dijumpai di dinding perusahaan, media perusahaan atau juga dalam setiap kegiatan karyawan bahkan dalam aktivitas surat menyurat perusahaan.

 

Mengenal Visi Perusahaan

 

Jika dilihat dari pengertiannya, antara visi dan misi sebuah perusahaan memiliki perbedaan makna. Namun keduanya memiliki peran yang sama pentingnya sebagai landasan sebuah perusahaan dan sebagai gambaran umum mengenai suatu perusahaan.

Terkait dengan proses kegiatan suatu perusahaan, visi dan misi perusahaan akan saling melengkapi serta mengisi sehingga mampu menciptakan sebuah karakter khusus bagi perusahaan. Pun, keduanya bisa membawa semua aktivitas perusahaan berjalan secara terarah dan struktural sehingga menciptakan sebuah sistem yang tertata rapi.

Jika dilihat dari arti bahasanya, visi kerap didefinisikan sebagai sebuah rangkaian kalimat yang berisi gambarang mengenai cita-cita dan harapan yang ingin dicapai sebuah perusahaan pada masa yang akan datang. Secara sederhana, visi merupakan sebuah pernyataan tegas dari sebuah organisasi perusahaan, mengenai bentuk perusahaan tersebut di masa depan.

Pada kegiatan di perusahaan, visi sering diwujukan dengan menciptakan produk atau proses pelayanan pada pelanggan, kebutuhan yang bisa diatasi serta penciptaan segmen pasar yang hendak dituju. Selain itu visi juga disampaikan melalui nilai yang akan diperoleh dan juga masukan serta harapan yang bisa dicapai.

Visi harus bisa diciptakan secera efektif. Tujuannya, agar bisa dimengerti oleh semua elemen pada perusahaan itu. Karakteristik visi yang bisa dikatakan efektif antara lain :

  1. Mudah untuk dibayangkan.
  2. Mampu menciptakan ketertarikan pada semua elemen dalam suatu perusahaan.
  3. Cenderung mengacu pada konteks yang bersifat realistik dan juga bisa untuk diwujudkan atau digapai.
  4. Visi harus jelas dan bersifat pasti.
  5. Bersifat aspiratid dan juga mudah menyesuaikan pada setiap perubahan.
  6. Bisa dimengerti secara mudah.

Apabila karakteristik dari sebuah visi bisa diwujudkan, secara tidak langsung hal tersebut akan membawa keuntungan tersendiri bagi perusahaan. Sebab, keberadaan visi sendiri pada dasarnya membawa perusahaan untuk mendapatkan beberapa keuntungan.

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh perusahaan dengan memiliki visi yang baik antara lain :

  1. Visi menjadi media pemersatu tujuan, arah dan juga tujuan dari sebuah perusahaan.
  2. Visi menjadi dasar sebuah perusahaan dalam upaya pemanfaatan serta pengalokasian sumber daya yang dimiliki. Termasuk di dalamnya, proses untuk mengendalikan sumber daya tersebut.
  3. Sebagai media untuk membentuk serta menciptakan budaya perusahaan atau corporate culture.

 

Misi Perusahaan

 

Misi merupakan komponen yang dibuat berpasangan dengan visi bagi sebuah perusahaan. Misi bisa dimaknai sebagai suatu gambaran yang memberikan informasi mengenai dasr sebuah perusahaan dibuat.

Dari pemahaman tersebut, misi bisa dipahami sebagai sebuah arah penunjuk yang akan menjadi panduan perusahaan dalam menentukan serta mencari arah yang tepat dalam bisnis. Tujuan perusahaan membuat misi adalah sebagai media informasi kepada semua elemen yang memiliki kepentingan dengan perusahaan. Baik bagi mereka yang berasal dari dalam maupun dari luar perusahaan.

Dengan posisinya ini, maka perusahaan harus bisa menyampaikan misi yang mereka miliki dengan baik pada semua pihak yang membutuhkan informasi akan hal tersebut. Dengan demikian, semua pihak yang mengetahui misi dari sebuah perusahaan akan bisa berperan dan menciptakan kondisi yang memungkinkan perusahaan meraih misi yang sudah ditetapkan tersebut.

Ada beberapa hal yang harus dilalui sebuah perusahaan dalam menyusun misi mereka. Beberapa tahapan tersebut antara lain :

  1. Menggali ide dari beberapa kata yang dianggap paling tepat menggambarkan perusahaan tersebut.
  2. Melakukan skala prioritas pada beberapa kata yang sudah dipilih dan dianggap paling tepat.
  3. Mengkombinasikan beberapa kata yang tepilih menjadi sebuah kalimat atau paragraf. Sehingga kalimat  tersebut bisa tersusun menjadi gambaran misi perusahaan tersebut.
  4. Kata-kata yang sudah terpilih, diolah ke dalam beberapa susunan sehingga bisa ditemukan susunan yang paling mampu menggambarkan misi perusahaan.

Dan sebagai sebuah perwujudan perusahaan, maka kalimat dalam misi harus bisa disusun dengan indah. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam menciptakan misi perusahaan sehingga terlihat indah, antara lain :

  1. Bahasa dalam misi harus bisa diartikan secara luas, dalam artian bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama sejak misi disusun.
  2. Menggunakan bahasa yang spesifik sehingga bisa dijadikan media komunikasi.
  3. Sifat misi harus jelas serta fokus pada kompetensi yang dimiliki peruahaan.
  4. Hindari menggunakan kalimat yang hanya bersifat jargon dan tidak bermakna. 


Sumber artikel...

Subscribe to receive free email updates: