Bisnis Minuman Sebagai Alternatif Wira Usaha

Memiliki wira usaha sendiri dan sukses merupakan kebanggaan tersendiri selain meningkatkan perekonomian keluarga. Namun, tak jarang orang bingung dan takut untuk memulai usaha. Takut akan kegagalan, persaingan, bangkrut, dan yang lainnya. Kendala lainnya antara lain tidak tahu dan bingung akan memulai usaha apa.

Baca buku, mengikuti pelatihan wira usaha adalah salah satu cara membuka wawasan untuk berwira usaha. Melihat peluang yang ada di sekitar kita atau mengembangkan hobi menjadi sebuah usaha adalah pilihan yang bagus karena setiap orang akan selalu menyenangi kegiatan yang berhubungan dengan hobinya. Untuk hobi saja, kita rela untuk mengeluarkan biaya apalagi jika hobi itu mendatangkan rezeki pasti lebih semangat menekuninya.

Salah satu kendala yang dikemukakan sebelum berwira usaha adalah modal. Bagi beberapa orang  menganggap modal sebagai kendala, tapi bagi orang yang berniat menjalankan wirausaha, modal bukan alasan untuk tidak membuka usaha karena tekad mereka lebih kuat daripada memikirkan tidak adanya modal

Banyak peluang usaha di sekitar kita jika jeli mengamatinya. Salah satunya adalah bisnis minuman. Tapi, bukan minuman keras yang dilarang agama maupun pemerintah, yang dimaksud di sini minuman ringan seperti es dawet, es krim, es blender, susu kedelai, es kelapa muda, jus, atau kedai kopi. Memang usaha minuman itu sudah banyak ditemukan,  tapi banyak juga  peminatnya. Apalagi jika Anda mampu meracik dan memberi rasa lain dari usaha minuman yang sudah ada di pasaran.

Memang ada beberapa hal yang kita perhatikan sebelum terjun di lapangan. Kita harus melihat apa yang diminati konsumen dan mencari atau menciptakan ciri khas pada jenis usaha kita. Yang tak kalah penting dalam berwira usaha adalah persiapan mental. Seorang wira usaha harusnya memiliki sifat jujur, tidak mudah menyerah, berani mengambil risiko dan pertimbangan dampaknya, optimis, memiliki visi ke depan, percaya diri, serta mampu berkomunikasi dengan baik.

Setiap orang memiliki hak yang sama untuk menjadi seorang wira usaha. Seorang wira usaha juga tidak diharuskan memiliki pendidikan tinggi dan modal yang banyak. Banyak wirau saha yang sukses, tapi dalam pendidikannya, SD saja tidak lulus, tapi usahanya berkembang pesat dan memiliki banyak karyawan. Tidak sedikit pula pengusaha yang memulai usahanya dari tekad saja dan tanpa modal. Dari sekadar mengambil barang dan menjualkannya, lama-lama mampu memiliki produksi sendiri.

Dengan ketekunannya, mereka dapat menjadi seorang wira usaha yang mampu bertahan meski harus mengalami proses jatuh bangun karena sebuah usaha tidak selalu mulus, rintangan dan kendala itu selalu ada. Setiap kondisi usaha hendaknya disikapi dengan positif agar kita dapat berproses belajar memperbaiki kekurangan untuk menciptakan hasil yang lebih baik.

Berikut ini ciri-ciri watak wira usaha.

  • Keyakinan Akan SuksesSalah satu ciri entrepreneur adalah selalu memiliki keyakinan yang mantap akan usahanya yang dijalankan. Yakin kalau wira usaha yang dijalankan dengan serius akan mendatangkan sukses bagi diri sendiri maupun orang lain yang terlibat dalam wira usaha Anda.
  • Mandiri dan Optimisme. Ciri khas kedua watak yang tertanam pada seorang wira usaha adalah kemandirian. Dia tak mau bergantung pada orang lain. Mandiri dalam berusaha dan mandiri dalam mencari sumber modal merupakan salah satu kunci sukses menjalankan bisnis. Kemudian, sikap optimis harus ada pada setiap keputusan bisnis, sikap optimis berkaitan dengan pola pikir yang positif. Optimis terbentuk dari masukan-masukan pihak lain dan pembelajaran dari pengalaman yang pernah dialami maupun dari orang lain. Namun, jangan sekali-kali bersikap over optismis karena akan merugikan diri sendiri. Sikap yang over optimis menandakan seorang wirausahawan kurang berpengalaman.
  • Kebutuhan Akan Prestasi. Menjalankan wira usaha bukan berarti sebuah kegiatan tanpa prestasi. Orientasi wirausaha adalah profit. Wirau saha yang baik wajib menjalankan membuat target penjualan maupun target omzet. Jika target penjualan dapat dipenuhi sesuai dengan deadline, menandakan seorang wirausahawan berprestasi. Wirausaha tanpa target prestasi ibarat mobil jalannya lurus tanpa ada tujuan yang jelas, bisnis tanpa target mudah sekali goyah terhempas badai.  Bisnis minuman  memang menyimpan peluang keuntungan yang menggiurkan, namun jika Anda enggan menargetkan omzet setiap bulannya, dampaknya akan sulit merancang modal dan ekspansi pasar.
  • Berorientasi Laba. Tujuan wira usaha minuman adalah mencari laba dari penjualan produk. Menentukan laba sebaiknya harus diperhitungkan sebaik mungkin antara biaya produksi dan harga pokok, jangan sampai Anda menjual barang hanya untuk merugi. 

Contoh Wirausaha Minuman

Di pasaran, banyak sekali usaha berbasis minuman, baik itu minuman untuk kesehatan maupun minuman ringan.

  • Susu Kedelai. Susu kedelai merupakan minuman kesehatan yang banyak mengandung protein nabati. Akhir- akhir ini, susu kedelai menjadi tren bisnis yang memberikan peluang laba cukup lumayan. Susu kedelai selain sehat juga menyegarkan. Kelebihan jualan susu kedelai adalah bisa diproduksi sendiri dan awet disimpan dalam kulkas. Harga jual susu kedelai pun cukup ringan, dengan uang 1000 rupiah pun sudah bisa membawa pulang sebungkus susu kedelai aneka rasa. Kelebihan lain susu kedelai bisa disajikan dalam kondisi hangat dan dingin. 
  • Es Jus. Membuka gerai es jus menjadi pilahan tepat bagi Anda yang ingin membuka usaha sendiri diri rumah. Kelebihan bisnis es jusadalah mudah dibuat dan bahan bakunya yang berupa buah-buah aneka jenis pun mudah didapatkan. Target pelanggan es juice bermacam-macam, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Keuntungan es jus hampir 10 % sendiri dari setiap gelasnya. Jika Anda tak ingin repot dalam mengadakan bahan bakunya dan promosi, Anda bisa membeli hak waralaba gerai es jus yang banyak ditawarkan oleh franchisor lokal.
  • Cendol. Inilah minuman tradisional yang tak pernah sepi dari peminatnya. Es Cendol merupakan minuman tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung beras dan santan kelapa. Kunci sukses es cendol ada pada kesegaran bahan baku dan pemanis yang terbuat dari gula aren. Agar lebih menarik, es Cendol bisa dikasih tambahan rasa seperti rasa durian dan rasa nangka. Minuman ini cocok dihidangkan pada siang hari dan hidangan pembuka saat bulan puasa.
  • Sari Tebu. Minuman sari tebu menjadi incaran wira usaha muda. Minuman sari tebu selain menyegarkan juga menyehatkan. Gerai yang menjual minuman sari tebu terbilang langka, di sisi lain bahan baku tebu yang melimpah menjadikan sebuah peluang bisnis yang menguntungkan. Yang diperlukan dalam menjalankan usaha sari tebu ini adalah grobak dan blender pemeras tebu, sedangkan modal pelengkapnya adalah es, kantong plastik atau gelas plastik ukuran sedang. Kalau tak ada grobak, Anda bisa membuka sendiri di rumah. Minuman sari tebu banyak dicari orang ketika siang hari.
  • Jamu Jawa. Jamu merupakan minuman tradisional yang berbahan dasar aneka rimpang-rimpangan seperti, kunyit, jahe, kencur, dan bahan alami lainnya. Jamu diyakini berkhasiat menjaga kesehatan.  Seperti kunir asem diyakini mampu menyembuhkan diare, perut kembung, dan badan pegal linu. Sementara itu, jamu brotowali berkasiat menjaga kesehatan empedu dan lever. Bisnis ini terbukti tahan terhadap perubahan tren dan disukai banyak orang. 

Sebenarnya, masih banyak lagi contoh wira usaha berbasis minuman karena minum merupakan kebutuhan pokok makhluk hidup terutama manusia guna menjaga kelangsungan hidup dan kesehatan. Semua peluang bisnis jika dijalankan serius, akan mendatangkan manfaat bagi semua. Termasuk juga wira usaha minuman.

Selamat mencoba!



Sumber artikel...

Subscribe to receive free email updates: