Tips Memulai Usaha Mandiri

Usaha mandiri merupakan salah satu hal positif yang perlu ditanamkan kepada generasi muda. Hal ini untuk mengurangi ketergantungan mereka, khususnya setelah menyelesaikan pendidikan, dengan hanya menjadi seorang pencari kerja. Sebab, di tengah krisis ekonomi yang melanda dunia pada saat ini lowongan pekerjaan menjadi lebih terbatas.

Dengan hanya bergantung untuk menjadi seorang pencari kerja, hal ini sama saja dengan meningkatkan angka pengangguran di tanah air. Tentu ini bukan hal yang positif dalam sebuah proses pembangunan sebuah negara. Sebab, dengan semakin banyaknya pengangguran intelektual di tanah air, menunjukkan mental sebuah bangsa sedang berada di zona merah.

Dunia pendidikan merupakan salah satu media untuk mampu menciptakan kesadaran kepada generasi muda pentingnya lepas dari ketergantungan dunia kerja. Mereka harus mampu menciptakan usaha mandiri, sebagai cara untuk bisa tetap semangat dan mampu memberikan lapangan pekerjaan kepada orang lain.

Salah satu yang bisa dilakukan institusi pendidikan dalam menanamkan jiwa untuk berani usaha mandiri adalah dengan memberikan pendidikan kewirausahaan. Cara ini dilakukan, agar para generasi muda memiliki pandangan yang lebih luas serta rencana pasca mereka menyelesaikan pendidikan, bukan hanya sekedar memiliki rencana untuk mencari kerja saja. Namun harus berani lebih baik untuk bisa menciptakan lapangan pekerjaan.


Tips Memulai Usaha Mandiri

Banyak orang yang merasa kurang siap untuk terjun dan memulai usaha mandiri. Berbagai macam kendala dikedepankan sebagai alasan untuk tidak memulai sebuah usaha. Salah satunya adalah masalah keterbatasan modal.

Padahal, seorang pengusaha yang siap untuk sukses justru akan menjadikan berbagai macam kendala tersebut sebagai sebuah modal awal untuk meraih kesuksesan. Sebab, seorang manusia biasanya akan muncul naluri kreatif mereka justru pada saat mereka terdesak.

Oleh karena itu, ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar seseorang berani untuk menentukan langkah memulai sebuah usaha mandiri. Di antaranya adalah :

  1. Bangkitkan keyakinan dan motivasi diri. Caranya dengan membaca beberapa kisah sukses dari para pengusaha yang memulai usaha dari nol dan dengan modal yang sangat minim. Salah satunya Bob Sadino yang menjadi raja hypermarket dengan memulai bisnisnya dari 20 butir telur ayam kampung.
  2. Menjalin relasi. Dengan adanya relasi yang luas, maka kita akan memiliki sebuah wawasan yang luas serta mendapatkan banyak informasi. Dari semua informasi yang masuk itu bisa disaring untuk dipilih mana informasi yang bisa menjadi sebuah modal awal memulai usaha mandiri.
  3. Ilmu. Sebuah usaha harus dibekali dengan ilmu. Sebab, ilmu akan menuntun seseorang untuk bisa menyelesaikan masalah yang mereka hadapi serta menciptakan sebuah hasil positif. Tanpa ilmu, maka sebuah usaha akan menjadi sebuah hal yang sia-sia.
  4. Jangan Menunda waktu. Apabila sudah menemukan sebuah pemikiran, segeralah memulainya. Jangan menunggu atau menunda waktu, karena kesempatan tidak akan datang dua kali. Jangan pula merasa minder karena modal yang kita miliki sangat terbatas. Ingatlah sebuah pepatah yang menyebutkan bahwa sebuah garis yang panjang selalu diawali oleh sebuah titik yang sangat kecil dan nyaris tidak terlihat.
  5. Teknologi. Seorang pengusaha pada saat ini harus mengenal tekhnologi untuk mendukung bisnis yang mereka jalankan. Salah satunya dengan memanfaatkan konsep internet marketing yang terbukti mampu menjadi salah satu sistem pemasaran modern yang paling ampuh.


Sumber artikel...

Subscribe to receive free email updates: