Pentingnya Motivasi untuk Pengembangan Diri

Satu aspek penting dalam kehidupan kita adalah motivasi untuk menghadapi kehidupan ini. Hal ini karena untuk kehidupan yang bersemangat, maka harus ada sesuatu yang mampu membangkitkan keinginan untuk mencapai tujuan hidup. Inilah yang selanjutnya kita sebut sebagai motivasi hidup. Dengan motivasi inilah, maka tumbuh dan berkembang semangat untuk menghadapi dan menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di dalam kehidupan.

Dalam konteks lainnya, motivasi  ini selanjutnya kita terapkan dalam sebuah visi dan beberapa misi agar semakin mudah dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Visi dan misi inilah yang selanjutnya menjadi kendaraan bagi kita untuk mencapai tujuan hidup. Dan, dalam aspek kewirausahaan, motivasi merupakan aspek penting untuk dapat mengembangkan kemampuan yang ada dalam diri sehingga muncul sebagai kompetensi khusus diri.

Kompetensi diri ini selanjutnya menjadi branding-self bagi kita sehingga  semua orang mengenal dan mengakui eksistensi kita di masyarakat. Dengan kompetensi diri inilah, maka kita dapat ikut berperan aktif dalam kehidupan dan ikut secara aktif menentukan arah kehidupan yang kita jalani.


Mengembangkan Diri Berbasis Buku

Sebenarnya, ketika kita membicarakan masalah motivasi, maka kita mengenal ada 2 (dua) jenis motivasi, yaitu motivasi dari diri sendiri dan motivasi dari orang lain. Tentunya dengan jenis motivasi ini, maka kita dapat mengetahui dan merasakan bahwa keduanya mempunyai peranan penting dalam memberikan dukungan pencapaian keberhasilan hidup, khususnya dalam kegiatan kewirausahaan.

Jika motivasi dari diri sendiri merupakan motivasi yang tumbuh dan berkembang dari dalam diri sendiri sebagai bentuk kesadaran atas pentingnya ikut serta dalam percaturan kehidupan, maka motivasi dari orang lain merupakan kesinergisan kita dengan orang lain. Dan, salah satu motivasi dari luar dapat kita peroleh dari membaca buku tentang motivasi. Dengan buku motivasi inilah, maka kita dapat mengambil banyak pelajaran untuk dapat mengembangkan diri kita.

Buku motivasi merupakan sumber literasi yang cukup signifikan untuk mengembangkan diri.  Kita dapat membaca banyak informasi yang mampu mencerahkan hati dan diri kita sehingga kondisi kondisi negative yang ada dalam diri kita dapat kita anulir dengan menggantikannya dengan kondisi kondisi positif. Inilah yang selanjutnya kita harapkan dapat menjadi kebiasaan yang mendukung  upaya pencapaian tujuan hidup.


Pentingnya motivasi dalam berwirausaha

Dan, dalam dunia bisnis wirausaha, motivasi memegang peranan dalam prosentase pencapaian keberhasilan usaha. Hal ini karena tidak semua orang mempunyai keberanian dalam memutuskan diri menggeluti dunia wirausaha. Banyak orang yang merasa ragu atas kemampuannya dalam kegiatan wirausaha. Oleh karena itulah, maka penting sekali keberadaan motivasi untuk berwirausaha.

Sementara itu, keberadaan motivasi dalam berwirausaha tidak lain adalah untuk dapat mengembangkan diri secara maksimal berbasis pada kemampuan usaha. Setiap orang, sebenarnya mempunyai kemampuan untuk berusaha, tetapi dalam konteks usaha komersial, masih banyak orang yang meragukan kemampuan dirinya.

Pengembangan diri ini kita lakukan sebagai langkah konkrit untuk menghadapi kehidupan ini dengan lebih baik. Seperti kita ketahui, perkembangan pola dan kondisi kehidupan sedemikian pesat sehingga jika tidak diimbangi dengan pengembangan diri, maka kita dapat terlindas oleh roda kehidupan.

Oleh karena itulah, maka setiap orang harus mempunyai keyakinan atas kemampuan yang dimilikinya. Tanpa keyakinan tersebut, maka segala kegiatan tidak dapat maksimal. Dan, dalam hal inilah, peranan motivasi diharapkan dapat memberikan dorongan dan dukungan semangat.

Dengan memperhatikan uraian yang telah dipaparkan, maka setidaknya kita mempunyai keyakinan diri bahwa sebenarnya unuk menjalani kegiatan wirausaha bukanlah hal yang  menakutkan. Justru, jika kita memiliki motivasi bagus dalam berwirausaha, maka segalanya sangat mudah untuk dilakukan dan kita dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Oleh karena itu, maka untuk dapat menjalani bisnis wirausaha, kita harus mempunyai motivasi yang tinggi dan hal tersebut dapat kita peroleh dengan membaca buku motivasi yang dapat kita beli di toko buku. Dengan buku-buku motivasi, khususnya terkait dengan wirausaha, maka kita dapat mengembangkan diri dalam dunia usaha dan menjadikan kita sebagai wirausahawan berhasil. Mengapa kita meragukan hal tersebut? Segera lakukan untuk mendapatkan hal terbaik bagi kehidupan kita.



Sumber artikel...

Subscribe to receive free email updates: