Tips Menjadi Wirausaha Mandiri

Salah satu kunci menjadi wirausaha mandiri adalah Work Smart (Bekerja dengan Cerdas) dan Smart Worker (Pekerja yang Cerdas). Sehingga pekerjaan yang akan kita lakukan benar-benar berjalan dengan lancar dan sukses.sesuai yang kita harapkan.

A. Work Smart

Agar dapat bekerja dengan cerdas, maka ada hal-hal yang perlu kita lakukan, yaitu :

1. Definisi The End Of Mind

Sebelum kita memulai bekerja, kita harus mendefinisikan sasaran akhir dari pekerjaan kita. Jadi, sasaran tersebut yang akan kita tuju, sehingga kita tidak akan berhenti bekerja atau mengerjakan yang yang lain sebelum hal itu tercapai.

2. Clear Objectives

Setelah mengetahui sasaran akhir, kita harus memperjelas atau merinci indikator tercapainya sasaran tersebut. Jadi, buat sasaran yang terukur. Misalnya, jika sasarannya keuntungan perusahaan, maka berapa rupiah yang ingin kita capai. Jika sasarannya waktu penyelesaian pekerjaan, maka berapa lama waktu penyelesaian tugas.

3. Better Planning

Selanjutnya untuk mencapai sasaran tersebut kita harus menyusun rencana yang bagus. Cara atau syarat untuk mencapai sasaran tersebut, kita harus mengetahuinya. Jadi, benar-benar dipersiapkan langkah - langkah untuk mencapai sasaran tersebut.

4. Focus

Dari perencanaan yang telah kita susun, pasti ada beberapa pekerjaan yang sangat menentukan kesuksesan dalam pencapaian sasaran atau ada pekerjaan yang mempengaruhi pekerjaan yang lainnya. Untuk itu, kita harus fokus atau memprioritaskan pada pekerjaan tersebut, sebelum melakukan pekerjaan yang lain. Misalnya, ada sebuah proyek Seminar. Pada proyek tersebut hal yang sangat penting adalah pembicara dan tempat acara. Jadi, yang harus dikerjakan dahulu dan harus fokus adalah memastikan pembicara dan tempat acara.

5. Organizing

Setelah itu kita membentuk kepanitiaan dengan melakukan pembagian tugas dan wewenang. Harus ditentukan juga jalur koordinasinya. Dengan begitu, kita dapat melakukan pekerjaan kita dengan efektif dan efisien.

6. Controlling

Kontrol setiap proses pekerjaan, sehingga setiap ada langkah-langkah yang tidak sesuai rencana, maka kita dapat segera mengetahuinya dan memperbaikinya.

7. Team Work

Yang terakhir dan yang paling penting adalah ‘team work’. Setiap orang jika berkumpul untuk melakukan pekerjaan bersama-sama, maka kekuatannya adalah jika semua memiliki tujuan yang sama. Jadi internalisasi tujuan kedalam team work ini harus terus dijaga. Sehingga dapat membentuk ‘team work’ yang solid dan bekerja dengan baik.

B.  Smart Worker

Setelah kita bekerja dengan cerdas, maka langkah selanjutnya adalah kita harus bisa menciptakan pekerja yang cerdas. Adapun pekerja yang cerdas adalah pekerja yang memenuhi kriteria “SMART” berikut ini :

  • Specific, yaitu sasarannya harus jelas dipahami oleh seluruh komponen perusahaan
  • Measurable, yaitu sasarannya harus dapat diukur dengan ukuran tertentu
  • Attractive, yaitu sasarannya harus menantang
  • Realistic, yaitu sasaran kerjanya harus realistis sesuai kemampuan atau resources yang ada
  • Time Table, yaitu waktu pencapaian harus terencana


Sumber artikel...

Subscribe to receive free email updates: