Tips Sukses dalam Dunia Perdagangan

Dunia perdagangan sering kali dianggap sebagai dunia yang banyak menjanjikan kekayaan. Berdagang adalah salah satu cara seseorang untuk mencapai kesuksesan dan kemakmuran hidup sehingga akhirnya banyak orang yang mencoba memasuki dunia perdagangan. Bahkan di dalam salah satu buku juga disebutkan, untuk menjadi orang sukses maka masuk dalam dunia perdagangan adalah satu syaratnya.

Sebenarnya, dunia perdagangan itu tidaklah semudah kelihatannya, seperti melakukan pembelian lalu menjual barang-barang yang dibeli itu serta mendapatkan keuntungan dari selisih harga pembelian dan penjualan. Dunia perdagangan tidak sesederhana itu.

Untuk berhasil dalam dunia perdagangan, diperlukan banyak ilmu dan pengalaman yang membuat kita mampu bertahan dalam setiap permasalahan yang terjadi di dalam dunia perdagangan. Sebut saja persaingan di dalam dunia perdagangan yang kadang kala menggunakan cara-cara tak masuk di akal dan tidak memiliki hati nurani hanya untuk menyingkirkan saingannya di dalam dunia perdagangan itu.

Belum lagi usaha yang tipu menipu untuk menyalahkan pesaingnya. Bahkan di dalam dunia perdagangan banyak pula para pedagang yang melakukan black magic hanya untuk mencapai kesuksesan di dalam dunia perdagangan.

Walaupun dunia perdagangan tidak semudah dan sesederhana kelihatannya, tetapi dunia perdagangan juga tidak akan sesulit seperti kelihatannya. Kita bisa menjadi pedagang yang sukses dalam dunia perdagangan jika kita mengetahui caranya. Ada banyak cara positif yang bisa kita lakukan agar kita bisa terjun di dalam dunia perdagangan dan menjadi orang sukses.

Cara Menjadi Pedagang Sukses di Dunia Perdagangan

1. Menjadi Pedagang Sukses di Bisnis Perdagangan - Tahan Banting dan Pantang Menyerah

Menjadi pedagang yang tangguh di dalam dunia perdagangan haruslah memiliki jiwa yang tahan banting dan pantang menyerah. Akan ada banyak masalah yang bisa saja terjadi di dalam dunia perdagangan tanpa kita kehendaki. Kerugian salah satu kejadian yang paling sering terjadi di dalam dunia perdagangan. Atau ada pula berbagai masalah yang mengakibatkan dunia perdagangan lesu secara umum seperti bencana alam dan kebakaran.

Tanpa memiliki jiwa yang tahan banting dan pantang menyerah, maka para pedagang yang terlibat di dalam dunia perdagangan dan mendapatkan berbagai masalah di dalam usaha dagangnya maka akan dapat tumbang dengan mudah. Dengan keyakinan tersebut maka kita akan mampu kembali berdiri ketika kita terjatuh.

2. Menjadi Pedagang Sukses di Bisnis Perdagangan - Fokus Pada Perkembangan Usaha

Fokus pada perkembangan usaha adalah kunci penting di dalam dunia perdagangan. Ada banyak pedagang yang dalam menjalankan usahanya menjadi tidak fokus karena tergiur berbagai keuntungan yang dijanjikan oleh supplier. Contohnya saja, ketika seorang pedagang bertekat untuk memiliki usaha dalam bidang alat tulis dan kantor, maka fokuslah pada pengembangan usaha alat tulis dan kantor ini.

Jika tidak fokus, maka akan ada banyak lagi barang-barang lain yang masuk sehingga mengakibatkan fokusnya menjadi berkurang pada niat awalnya yang ingin membuat suatu usaha alat tulis dan kantor yang lengkap. Lama-kelamaan usaha yang dijalankannya itu bukan lagi menjadi usaha perdagangan alat tulis dan kantor melainkan termasuk dalam usaha perdagangan toko kelontong yang tidak memiliki spesifikasi barang yang dijualnya.

Untuk itu, pedagang yang ingin sukses di dalam dunia perdagangan haruslah fokus akan pengembangan usahanya di kemudian hari dan tidak mudah tergiur berbagai keuntungan di luar apa yang sudah ditetapkannya.

3. Menjadi Pedagang Sukses di Bisnis Perdagangan - Memiliki Tujuan Pribadi yang Jelas

Setiap pedagang yang menceburkan dirinya di dalam dunia perdagangan pastilah memiliki tujuan yang berbeda-beda. Ada pedagang yang ingin memiliki kehidupan yang mapan dengan segala kebutuhan dirinya dan keluarganya terpenuhi. Ada pula yang masuk ke dalam dunia perdagangan hanya agar memiliki kegiatan untuk mengisi masa pensiunnya.

Berbagai tujuan yang berbeda itu sebenarnya memiliki titik akhir yang sama yaitu pencapaian kesuksesan pada apa yang sudah kita jalankan. Tujuan yang tidak jelas akan membuat langkah yang kita ambil menjadi tidak jelas pula. Tetapi jika tujuan yang kita tetapkan jelas bahwa kita ingin kaya dengan masuk ke dalam dunia perdagangan, maka langkah-langkah selanjutnya yang kita ambil dalam menjalankan usaha kita ini selalu berdasarkan tujuan bahwa kita akan kaya di dalam dunia perdagangan.

4. Menjadi Pedagang Sukses di Bisnis Perdagangan - Bersedia Bekerja Keras

Tidak ada jalan pintas untuk menjadi seorang pedagang yang sukses di dalam dunia perdagangan. Cara yang pasti dan nyata akan membawa seseorang menggapai kesuksesan di dalam dunia perdagangan ini adalah kesediaannya untuk bekerja keras tanpa mengenal lelah sepanjang waktu.

5. Menjadi Pedagang Sukses di Bisnis Perdagangan - Memiliki Rencana Kerja yang Terarah

Pedagang yang sukses di dalam dunia perdagangan pasti memiliki rencana kerja yang terarah. Pedagang yang rencana kerjanya tersusun dengan rapi biasanya sudah menentukan berbagai jadwal kerja yang akan memudahkan dan memperlancar pekerjaannya sebagai pedagang di dunia perdagangan.

Mereka akan memiliki jadwal pembelian barang yang rapi, pengiriman barang ke konsumen tepat waktu, pelayanan pelanggan yang penuh kredibilitas serta rencana pembayaran ke supplier yang sesuai dengan jatuh tempo yang telah ditetapkan. Pedagang yang memiliki rencana kerja yang teratur seperti inilah yang akan bisa menjadi seorang pedagang yang mencapai kesuksesannya di dalam dunia perdagangan.

6. Menjadi Pedagang Sukses di Bisnis Perdagangan - Memegang Teguh Kejujuran

Kejujuran adalah yang paling penting dan paling utama yang akan membuat seorang pedagang dapat mencapai kesuksesannya di dalam dunia perdagangan. Nilai sebuah kejujuran itu sangat mahal harganya karena ketika seorang pedagang berlaku tidak jujur maka kepercayaan pelanggan padanya akan langsung luntur dan tidak akan ada lagi pelanggan yang mau bekerja sama dengan pedagang yang tidak jujur.

Dunia perdagangan memang sangat kejam. Ketika ketidakjujuran seorang pedagang terbuka, maka seluruh orang yang terlibat seolah-olah tahu akan ketidakjujuran yang dilakukan pedagang tersebut. Para pesaing pun tidak akan tinggal diam, mereka akan langsung ikut ambil bagian dalam kesempatan ini. Dan akhirnya pedagang yang tidak jujur itu tidak akan memiliki tempatnya lagi di dalam dunia perdagangan.

7. Menjadi Pedagang Sukses di Bisnis Perdagangan - Mengembangkan Jaringan Usaha

Pedagang yang ingin sukses dalam dunia perdagangan juga harus mampu mengembangkan jaringan usahanya. Pengembangan jaringan usaha di dalam dunia perdagangan sangat penting dilakukan karena kelak dikemudian hari, jaringan inilah yang akan membantu pedagang dalam memperluas usahanya di dalam dunia perdagangan. Pengembangan jaringan bisa dilakukan dengan mengikuti berbagai perkumpulan pengusaha perdagangan atau perkumpulan-perkumpulan sosial lainnya.

8. Menjadi Pedagang Sukses di Bisnis Perdagangan - Terus Belajar

Yang terakhir yang harus dilakukan oleh seorang pedagang yang ingin sukses di dalam dunia perdagangan adalah harus terus belajar. Ilmu pengetahuan akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Begitu pula dengan ilmu berdagang di dalam dunia perdagangan. Untuk itulah para pedagang harus terus belajar agar dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan tentang perdagangan sehingga ilmu tersebut dapat berguna dalam pengembangan usaha dagangnya.



Sumber artikel...

Subscribe to receive free email updates: